Humas Monica Kontributor
16 Oktober 2024 17:8:0 262

Selamat! Ini Daftar Pemenang KFPI Tingkat Sulteng 2024

Ket: Penyerahan hadiah secara simbolis oleh Kabid Bimas Islam Kemenag Sulteng kepada Juara I KFPI Sulteng 2024


Palu (Kemenag Sulteng) – Pemenang Kompetisi Film Pendek Islami (KFPI) Provinsi Sulawesi Tengah 2024 diumumkan. Pengumuman ini dilakukan setelah proses penjurian yang diadakan di Ruang Multimedia MAN 2 Palu, Rabu (16/10/2024), dengan total hadiah senilai Rp25 juta untuk enam pemenang. Meskipun penilaian baru dilakukan tahun ini, film-film yang dinilai merupakan karya yang dilombakan pada KFPI 2023, yang sebelumnya sempat tertunda.

Muhammad Saleh berhasil merebut Juara I dengan filmnya yang berjudul Toleransi Kok Gitu. Film tersebut menampilkan sudut pandang yang unik tentang toleransi, dengan menyisipkan unsur budaya Suku Kaili.

"Ini pertama kalinya kami mengikuti kompetisi ini, dan kami bersyukur bisa meraih penghargaan sebagai Juara I. Kami melakukan riset lapangan terlebih dahulu untuk memahami fakta-fakta di balik tema toleransi yang kami angkat," jelas Saleh.

Selain itu, beberapa karya lain yang memenangkan kompetisi juga menunjukkan ragam ide kreatif. Risna Nurdin dengan filmnya Mbecek Sibea meraih Juara II, sementara Berkah Setelah Bencana karya Arjuna Saputra menduduki Juara III. Pemenang harapan I hingga III juga memperlihatkan gagasan yang tak kalah menarik, termasuk karya Anita Novi Yanti yang berhasil menorehkan dua penghargaan di kategori harapan.

Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Wilayah Kemenag Sulteng, Junaidin, yang mewakili Kepala Kanwil Kemenag Sulteng usai menyerahkan hadiah, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan kompetisi ini. Ia menegaskan bahwa proses seleksi membutuhkan tenaga ekstra dari para dewan juri untuk memilih karya terbaik.

"Kami bersyukur proses ini berjalan dengan baik hingga dapat menentukan pemenang sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Tentu kami berharap para peserta terus mengembangkan keahliannya dan tetap menyampaikan pesan dakwah dan moral melalui medium film," ujar Junaidin.

Perwakilan dewan juri dari unsur akademisi/budayawan, Agustan T. Syam, menambahkan bahwa karya-karya peserta sangat bervariasi dalam menyampaikan ide-ide mereka, terutama yang berhubungan dengan kearifan lokal.

"Kearifan lokal masih sangat menonjol dalam karya sinema yang ditampilkan. Ke depan, perlu ada garapan yang lebih serius untuk meningkatkan estetika perfilman," pungkas Agustan.

Berikut daftar lengkap pemenang KFPI 2024:

Juara I: Toleransi Kok Gitu oleh Muhammad Saleh

Juara II: Mbecek Sibea oleh Risna Nurdin

Juara III: Berkah Setelah Bencana oleh Arjuna Saputra

Juara Harapan I: Raja Siombinanga oleh Anita Novi Yanti

Juara Harapan II: Hadrah dalam Menyatukan Umat oleh Muh. Zaid

Juara Harapan III: Batagahu oleh Anita Novi Yanti

Tags: Bimas Islam

Editor: Humas Monica
Fotografer: Humas Ahsan

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex