KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Abduh, S.Sos Kontributor
29 Juni 2024 17:34:0 103

Ekspedisi Dakwah Menuju PAI Award Tingkat Nasional

Ket: Kepala Kantor Kemenag Banggai H. suardi Kandjai


Luwuk (Kemenag Banggai), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Drs. H. Suardi Kandjai, M.Pd mengucapkan Selamat kepada Penyuluh Agama Islam Non PNS Supriadi S. Pd.I yang mewakili Kemenag Prov. Sulawesi Tengah dalam PAI Award 2024 ke tingkat Nasional.

"Mewakili seluruh jajaran Kemenag Banggai, sangat berterima kasih atas dedikasi yang tinggi memberikan waktu dan tenaga menembus hutan, menyeberang sungai ke desa desa terpencil di kecamatan Batui untuk memberikan pendidikan agama Islam memperkenalkan Al Quran kepada saudara se-Iman" ujar Suardi di ruang kerjanya, Jumat (28/6/2024). 

Menurutnya gerakan yang sudah di lakukan oleh Penyuluh agama islam dan penyuluh agama lainnya menjadi hal penting. Olehnya itu, Suardi Kandjai mengajak seluruh elemen masyarakat agar bersama sama menjaga kerukunan umat beragama dan harmonis dalam hidup berdampingan."

Melalui  via Whatsapp Supriadi menjelaskan kegiatan dirinya dan beberapa rekan dalam Peningkatan literasi al-Qur'an yang dilakukan oleh Penyuluh Agama Islam Kecamatan Batui Kabupaten Banggai adalah cara untuk melakukan Pembinaan terhadap  Suku Loinang Pedalaman yaitu suku asli Banggai di Balingtanon yang telah ber Syahadat.

Setelah Masuk islam, mereka dipindahkan di Kampung Muallaf Tombiobong Batui Selatan. Mereka dibina secara intensif oleh Penyuluh Agama Islam dalam mengenal huruf-huruf Al-Qu'ran sampai bisa membaca bahkan menghafalkan Al-Qu'ran. Olehnya sebagai Penyuluh Agama Islam Kec. Batui telah melakukan Ekspedisi Dakwah Pedalaman di beberapa kampung di pedalaman Banggai tempat mereka tinggal diantaranya, Sepe. Ubalo, Bagu, Balingintanon, dan Kababaluon.

Supriadi yang berdomisili di Batui dan juga sudah dianugerahi dua anak, sangat berterima kasih telah terpilih mewakili Kemenag Prov. Sulawesi Tengah dalam PAI Award 2024 ke tingkat Nasional.

Harapannya gerakan yang di lakukan bisa menjadi inspirasi banyak orang memberikan pendidikan dan pengetahuan beragama untuk menciptakan suasana harmonis dan hidup semakin rukun kepada masyarakat yang lebih luas.

Supriadi yang sudah melakukan pembinaan sekitar dua tahun  menyampaikan agar seluruh penyuluh kabupaten Banggai lebih bersemangat terus menerus menyampaikan hal-hal baik kepada masyarakat khususnya menjalani hidup sesuai ajaran agama yang mengajarkan kedamaian, tuturnya.

Tags terkait: Penyuluh
Editor: -
Fotografer: Abduh, S.Sos
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex