- Kontributor
30 November 2022 0:0:0 77

Kepala Kemenag Poso Marwiah : Binwin Pra Nikah Penting Untuk Menciptakan Keluarga Sakinah

Ket:


Poso (Kemenag Sulteng) Sebagai kontribusi dalam mewujudkan keluarga sakinah pada calon pengantin yang ingin dicapai nanti setelah sah menjadi pasangan suami isteri, melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso melaksanakan kegiatan bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin dan keluarga sakinah, yang dilaksanakan di Aula KUA Kec. Poso Pesisir, Rabu (30/11).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Poso, Hj. Marwiah M.Si didampingi oleh Kasi Bimas Islam, H. Wawa Suryatna, Kepala KUAS Kec. Poso Pesisir, Abdul Hamid, S.Ag serta diikuti kurang lebih 50 orang peserta.

Dalam laporannya, H. Wawa Suryatna selaku ketua panitia pada kegiatan kali ini menyampaikan bahwa menikah adalah babak baru dalam kehidupan, tidak ada kehidupan berumah tangga yang mulus dari awal sampai akhir tanpa terjadinya konflik. Perbedaan pendapat dan masalah pasti akan ditemui selama berumah tangga.

Oleh karena itu, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan menghadirkan pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Poso, dan Fasilitator bimbingan perkawinan (Binwin) dari Kementerian Agama Kab. Poso, ucapnya.

Dalam sambutannya, Hj. Marwiah menyampaikan bahwa sebagai bentuk hadirnya negara dalam hal ini, Kementerian Agama telah memfasilitasi pembinaan untuk calon pengantin melalui kegiatan Bimbingan Perkawinan (Binwin) pra nikah yang dijadwalkan sebelum calon pengantin (Catin) melaksanakan akad pernikahan.

Lebih lanjut Dia mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya memberikan atensi serius terhadap banyaknya konflik yang sering terjadi dalam rumah tangga sekaligus memberikan pemahaman kepada calon pengantin guna memberikan tugas dan tanggung jawab bagi suami dan istri saat mengarungi bahtera rumah tangga sehingga terciptanya keluarga sakinah mawaddah warohmah.

“Mengelola keluarga itu tidak mudah perlu pembelajaran yang serius dan masif untuk itu binwin menjadi sangat penting bagi calon pengantin sebagai pembekalan secara dini untuk menempuh perjalanan panjang dalam biduk rumah tangga,” terang Hj. Marwiah.

 

 

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex