- Kontributor
13 November 2023 0:0:0 144

MTQ Ke-42 Kab. Banggai, Kakankemenag Banggai : MTQ Sarana Menghasilkan Generasi Berkualitas

Ket:


Luwuk (Kemenag Sulteng) - Kepala kantor Kementerian agama (Ka. Kankemnag)  Kab. Banggai, H. Ma’sum dilantik sebagai ketua majelis dewan hakim Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kab. Banggai ke-42 tahun 2023  oleh Bupati Banggai, Amirudin di lapangan Sumber mulya Kec. Simpang raya. Sabtu, 11/11/2023.

Sebanyak 78 dewan hakim dilantik, bersama 18 panitera, dan petugas data sebanyak 3 orang. Pelantikan di saksikan masyarakat luas sebagai perwujudan integritas menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan untuk menghasilkan pemenang yang berkualitas.

Seluruh kecamatan sebanyak 24 Kafilah mengikuti MTQ yang dilaksanakan sejak tanggal 11 sampai dengan 17 November 2023. Menghadirkan 430 peserta dengan 10 cabang yang di lombakan.

Kepala kantor dalam sambutannya mengatakan MTQ sebagai sarana membumikan Al qur’an untuk menghasilkan generasi yang berkualitas. Selain memberikan keberkahan, juga meningkatkan kecerdasan dan kebijaksanaan.

MTQ juga sebagai evaluasi peserta untuk menjadi terbaik yang akan mewakili kabupaten ke tingkat lebih tinggi dan menjadi yang terbaik. Ma’sum mengharapkan seluruh yang terlibat, khususnya dewan hakim dalam kegiatan MTQ mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

Bupati Banggai berharap kegiatan MTQ sebagai tanggung jawab pemerintah sebagai upaya konkret menghadirkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

“Musabaqah Tilawatil Quran ini, bukanlah hanya sekedar lomba untuk mencari qori qoriah dan hafidz hafidzah terbaik, akan tetapi adalah suatu upaya konkrit umat islam untuk menggali nilai nilai luhur yang terkandung di dalam Al-Quran agar dapat dijadikan sebagai pedoman hidup,” ujar Bupati Banggai.

Dengan partisipasi seluruh lapisan masyarakat, Bupati berharap MTQ akan menjadi pendorong bagi individu-individu untuk lebih mendalami dan memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur'an.

“Melalui kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Banggai yang ke-42 tahun 2023 ini, saya berharap kiranya dapat bisa menumbuhkan spirit dan energi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk bisa mengamalkan isi kandungan Al-Qur'an,” ungkapnya.

Bupati sangat optimis bahwa MTQ Tingkat Kab. Banggai ke-42 ini mampu menjadi ajang yang melahirkan qori-qoriah terbaik sehingga peserta MTQ dapat bersaing pada perhelatan yang akan datang, baik tingkat provinsi, nasional, bahkan hingga tingkat internasional.

Tags: -

Editor: Zidiarman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex