- Kontributor
13 Juli 2023 0:0:0 119

Siswa SMKN I Poso Ikuti Bimbingan Perkawinan Pranikah Remaja Usia Sekolah

Ket:


Poso (Kemenag Sulteng)  - Sebanyak 100 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Poso mengikuti Bimbingan Pra Nikah Remaja Usia Sekolah yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) di Aula SMKN 1 Poso, Kamis(13/7).

Kepala Seksi Bimas Islam, Drs. H. Wawa Suryatna mengatakan bahwa kegiatan bimbingan remaja usia sekolah ini bertujuan untuk membuka wawasan para pelajar agar tidak terburu-buru menikah pada usia yang belum cukup. Penikahan dini biasanya berawal dari pergaulan bebas dan lemahnya fungsi kontrol orang tua.

Dengan bimbingan ini dapat membuka cara pandang para pelajar untuk memahami dampak dan resiko dari pernikahan dini. Singkatnya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, pemahaman kepada para remaja yang nantinya melangsungkan pernikahan sehingga terwujudnya keluarga samawa.

Sementara Kepala Sekolah SMKN 1 Poso menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Kankemenag Poso dalam hal ini Bimas Islam yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, Dia meminta kepada seluruh anak didiknya agar serius dalam mendengarkan paparan materi yang akan diberikan.

Kasubbag Tata Usaha, Purnawarman Loi, S.Ag yang hadir mewakili Kepala Kantor, dalam arahannya menyebutkan  bahwa saat ini yang paling penting bagi remaja adalah membangun diri, mempersiapkan diri untuk kemudian menjadi orang yang berguna, bermanfaat dan berpengetahuan.

“Oleh karena itu kami hadir disini memberikan bimbingan dan pemahaman bagaimana cara membentengi diri agar tidak terjerumus kedalam hal-hal yang berbahaya,” ungkapnya.

Dia Juga mengatakan, “mencegah terjadinya pernikahan dini pada kalangan pelajar perlu dilakukan bimbingan pra nikah seperti ini. Pergaulan anak-anak remaja saat ini sudah tidak ada batas lagi. Maka dari itu pengawasan dan bimbingan menjadi kunci untuk menyelamatkan remaja kita dari jalan yang salah. Terlebih menghindarkan para remaja dari pernikahan dini karena kondisi yang tidak mereka inginkan,” tegasnya.

Kegiatan yang di buka oleh Kasubbag TU ini, turut dihadiri oleh, Kepala Sekolah SMKN 1 Poso, Kepala KUA Kecamatan Poso Kota, Hendi Subhan Syafii, M.HI, selaku fasilitator Binwin dan Ilham Latimumu, pemateri dari Dinas P2KB Kab. Poso, serta staf seksi Bimas Islam Kankemenag Poso selaku panitia penyelenggara.

 

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex