- Kontributor
18 Juli 2022 0:0:0 98

Pembukaan MATSAMA MTsN 1 Kota Palu Tahun Pelajaran 2022/2023, Mewujudkan Generasi Yang Tangguh,Penuh Semangat,Berintelektual Dan Berprestasi Di Pasca Pandemi

Ket: Foto Saat Pembukaan MATSAMA


 

Palu (Kemenag Sul-Teng),- Memasuki tahun pelajaran 2022/2023, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Palu mengadakan masa ta’aruf siswa madrasah (Matsama) yang biasa disebut juga dengan Masa Orientasi Siswa (MOS). Matsama adalah yaitu suatu ajang pengenalan siswa baru pada Madrasah agar mengetahui dan mengenal kondisi lingkungan sekolah baru mereka. Jumlah siswa baru yang mengikuti Matsama 209 orang.(18/07/2022).

Kegiatan Matsama ini wajib diikuti oleh seluruh peserta didik baru MTsN 1 Kota Palu yang dimulai pada Senin 18 Juli 2022 hingga Rabu 20 Juli 2022. Pengenalan dalam matsama ini meliputi penyampaian tentang Profil MTsN 1 Kota Palu, tata tertib madrasah, kegiatan belajar mengajar di madrasah, fasilitas pendukung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pengenalan tentang Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dan materi lainnya yang berkaitan dengan masa ta’aruf atau pengenalan siswa madrasah.

Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana Matsama dilaksanakan secara Daring/Online, tahun ini Matsama dilaksanakan secara tatap muka dikarenakan tren positif Covid-19 di Kota Palu telah menurun. Sehingga Matsama dapat dilaksanakan di Aula MTsN 1 Kota Palu dengan tetap memakai masker dan kondisi kesehatan peserta Matsama dalam keadaan baik.

Kepala MTsN 1 Kota Palu Hj. Rusdiana, Dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan di jenjang menengah pertama atau madrasah tsanawiyah tidak sama dengan sekolah dasar. “Di jenjang ini kalian harus belajar mandiri dan belajar bersosial dengan teman, karena usia kalian bukan lagi anak-anak namun usia siswa madrasah tsanawiyah disebut remaja. Di usia saat ini kalian belajar menjadi manusia dewasa yang dapat bertanggung jawab dan menggali beragam pengetahuan” Ungkapnya.

Ketua Panitia MATSAMA Hikmah, S.Ag mengharapkan jika siswa baru kali ini harus lebih tangguh dan tanggap merespon perubahan zaman. Agar dapat melakukan hal itu, siswa harus memiliki kemampuan literasi dasar (membaca dan menulis). “Siswa angkatan pertama berhasil mengukir karya sepanjang sekolah disini dengan berbekal kemampuan literasi dasar, saya berharap kalian pun demikian. Bahkan dengan literasi saya yakin Siswa MTs.N 1 Kota Palu menjadi manusia Tangguh, Unggul dan Berprestasi”, Harapnya.

Seluruh siswa baru harus mengikuti Matsama dengan tertib, sehingga mereka dapat mengenal MTsN 1 Kota Palu dengan baik mulai dari para guru dan sistem belajar dan pembelajaran yang di laksanakan di MTsN 1 Kota Palu.

*Supardi*

 

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex