- Kontributor
30 Oktober 2023 0:0:0 101

MTsN 2 Parigi Tampilkan Kesatuan Adat Budaya, Pada Upacara Sumpah Pemuda Ke 95

Ket:


Parimo (Kemenag Sulteng) – Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Parigi melaksanakan upacara peringatan Sumpah Pemuda pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023, di halaman gedung MTsN 2 Parigi. 

Kegiatan ini diikuti oleh unsur Pemerintah kecamatan Mepanga, Unsur Pemerintah Desa Kotaraya Selatan, Pengurus Komite MTsN 2 Parigi dan seluruh elemen madrasah, mulai dari dewan guru, karyawan serta semua siswa- siswi MTsN 2 Parigi.

Pelaksanaan upacara berjalan sangat lancar, penuh khidmat tanpa kendala. Bertindak selaku Pembina Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial kecamatan Mepanga Astuti.

Astuti saat membacakan amanat sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga kepada peserta upacara menyatakan bahwa tanggal 28 Oktober adalah merupakan salah satu hari sakral, yakni sebagai peringatan Sumpah Pemuda. 

Upacara hari ini sebagai peringatan yang ke-95 tahun Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. 

Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi akan semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya Negara Indonesia. 

Menyikapi suasana masyarakat yang akhir akhir ini di hadapkan pada persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian, serta sejumlah problem bangsa lainnya. 

Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur, ungkapnya.

Di sisi lain perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. 

Olehnya “Dengan semangat sumpah pemuda lintas generasi ini, pemuda mampu membentengi sekaligus menyaring setiap informasi yang di terima baik lewat komunikasi langsung atau lewat media Masa” kata Astuti. 

Saefudin selaku kepala MTsN 2 Parigi menuturkan kegiatan dalam rangka hari sumpah pemuda 28 oktober tahun 2023 mengusung tema “bersama majukan indonesia”siswa, guru, pegawai dan seluruh peserta upacara menggunakan pakaian seragam adat Nusantara sebagai implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah, pada program “Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)” tema Kebinekaan Global yang selaras dengan semboyan bangsa Indonesia BHINEKA TUNGGAL IKA

Kegiatan upacara hari Sumpah Pemuda yang ke 95 tahun 2023 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Parigi dumeriahkan dengan sejumlah penampilan tarian Nusantara, sajian pencak silat, lomba Fashion show dan Puisi.

Pada saat itu juga pihak madrasah memberikan piagam penghargaan kepada siswa berprestasi baik kegiatan yg di laksanaka di madrasah atau kegiatan yang di laksanakan oleh lembaga lainnya diluar madrasah.

(sfn/ahdal)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex