- Kontributor
31 Agustus 2018 0:0:0 57

PENINGKATAN MUTU GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TINGKAT SD DAN MENENGAH

Ket:


(Kemenag Poso)Poso, – Sebanyak 25 orang guru dan Pengawas PAK se Kabupaten Poso mengikuti kegiatan Peningkatan Mutu Guru Pendidikan Agama Kristen Tingkat SD dan Menengah yang diadakan oleh Seksi Bimas Kristen Kemenag Kab. Poso di Aula Kemenag Poso, 31 Agustus 2018. Dengan menghadirkan 2 Orang pemateri Kabupaten yaitu Kakankemenag Poso Drs. H. Mamur M. Arief, M.Pd.I, Kepala Seksi Bimas Kristen Poso Martinus E. Bonggili, S.PAK, M.Th dan 1 Orang pemateri Provinsi yaitu I Ketut Kornelius dari Kanwil Kemenag Prov. Sulteng.

Acara yang bertemakan Orientasi Peningkatan Mutu Guru PAK se-Kab Poso ini, menurut Kepala Seksi Bimas Kristen, Martinus E. Bonggili, S.PAK, M.Th., bertujuan untuk meningkatkan Kualitas Guru Agama Kristen yang lebih berkompeten, professional dan Inovatif dalam hal pelayanan pendidikan sehingga terwujud dan terbentuknya siswa didik yang berkarakter Pancasilais dan Agamis.

Disela-sela materinya, Kankemenag Kab. Poso menyampaikan bahwa penelitian dari 13 negara terkait dengan peningkatan mutu pendidikan 43 persennya ditentukan oleh tenaga pendidik. Sementara penelitian di Indonesia justru lebih tinggi, peningkatan mutu pendidikan 76 persen ditentukan oleh tenaga pendidik. Maka dari itu Guru- guru Agama Kristen diharapkan dapat menyajikan dan mengolah materi dengan kemasan yang lebih baik, berinovasi dan mampu mengusai tekhnologi sehingga proses belajar mengajar dapat lebih hidup , atraktif dan menarik. Ia berharap, Guru Agama Kristen dapat tetap eksis ditengah kemajuan zaman dengan menguasai teknologi modern tapi tetap menanamkan pendidikan moral pada siswa didik sebagai benteng mereka dalam menolak sisi minus dari tekhnologi tersebut.

Makmur juga menegaskan bahwa Kemerosotan pendidikan bukan diakibatkan oleh kurikulum, tetapi oleh kurangnya kemampuan profesionalisme guru dan keengganan belajar siswa. Profesionalisme menekankan kepada penguasaan ilmu pengetahuan atau kemampuan manajemen beserta strategi penerapannya.

Kegiatan ini pun ditutup dengan sesi diskusi, sharing dan Tanya jawab. (Nur).

Category: Berita31 Agustus 2018Leave a comment

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex