- Kontributor
13 Agustus 2022 0:0:0 218

MAN 2 Kota Palu Jadi Tuan Rumah KSM Tingkat Kota Palu Tahun 2022

Ket: Pembukaan ajang Kompetisi Sains Madrasah oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Nasruddin L. Midu di auditorium MAN 2 Kota Palu


MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) –Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam  kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Kegiatan tersebut dimulai dari  KSM tingkat Satuan Pendidikan,  KSM  tingkat kabupaten/kota, KSM tingkat provinsi hingga tingkat Nasional.

Di tahun 2022 ini, komite KSM tingkat kota Palu menunjuk Madrasah Aliyah Negeri 2  Kota Palu sebagai tuan rumah pelaksanaan ujian KSM tingkat Kota Palu. Acara pembukaan KSM berlangsung di auditorium MAN 2 Kota Palu Sabtu, 12/08/2022.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu Nasruddin L. Midu, dan bertindak sebagai ketua komite KSM tingkat Kota Palu Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Irsan. Turut mendampingi Ketua Pokjawas Kota Palu Alfian serta dari pihak sponsor utama, Bank Syariah Mandiri yang diwakili oleh Ahmad Yani.  

Pelaksanaan di hari pertama, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Provinsi Sulawesi Tengah Kiflin Padjala, turun untuk memantau berlangsungnya KSM di laboratorium komputer MAN 2 Kota Palu. Kali ini KSM Tingkat Kota Palu diikuti oleh 252 peserta dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar, Madrasah Tsanawiyah/Sekolah Menengah Pertama, dan Madrsah Aliyah/Sekolah Menengah Atas. 

Peserta KSM di tahun ini tidak hanya melibatkan institusi pendidikan dari lingkup Kementerin Agama saja, beberapa peserta yang ikut bersaing dalam kompetisi ini berasal dari institusi pendidikan umum antara lain dari Sekolah Dasar Negeri dan SMA Al-Ahzar.

KSM Tingkat Kota Palu dilaksanakan dengan menggunakan sistem tes berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT) yang berada di bawah kendali Komite KSM Nasional. Pelaksanaan tes dilaksanakan sesuai jadwal selama 3 hari di 2 gedung laboratorium komputer MAN 2 Kota Palu.

Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Palu Irsan, menyebutkan bahwa secara umum KSM bertujuan untuk meneguhkan akhlak mulia, kreatifitas, inovatif siswa seiring dengan pengembangan wawasan kebangsaannya, cerdas dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Nasruddin L. Midu memberikan motivasi kepada seluruh peserta untuk selalu mengembangkan semangat berkompetisi dalam kebaikan. Dirinya berharap pelaksanaan KSM ini dapat menjadi wadah bagi siswa untuk mengasah kemampuan intelektual, emosional dan spiritual yang berbasis agama hingga mampu menjadi yang terbaik di bidangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi menyampaikan dengan mengemban kepercayaan untuk menjadi tuan rumah,  MAN 2 Kota Palu akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyukseskan event ini. “MAN 2 Kota Palu berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi seluruh peserta yang menjadi tamu dan menyukseskan KSM ini,” terang Syamsu.

Syamsu menambahkan bahwa di minggu-minggu sebelumnya MAN 2 Kota Palu telah melakukan beberapa upaya optimalisasi kapasitas perangkat laboratorium komputer sebagai langkah-langkah persiapan pelaksanaan KSM.

Olehnya, dirinya berharap semoga kegiatan KSM ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan semua pihak serta berlangsung tanpa kendala hingga event ini berakhir, pungkasnya.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex