- Kontributor
18 Februari 2023 0:0:0 207

Sosialisasi Skema Kebijakan Baru Organisasi dan Tata Kerja KUA Kecamatan, Kakankemenag Banggai: KUA Wajib Prima, Kredibel, dan Moderat

Ket:


Luwuk (Kemenag Sulteng), Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai, melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Skema Kebijakan Baru Organisasi dan Tata Kerja KUA Kecamatan Tingkat Kabupaten Banggai.

Kegiatan tersebut di buka oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Banggai, Drs. H. Ma'sum, MM di damping Zaenal Abidin, S.Ag, M.Ag. di Wisma Ady Mulya Desa Tongke Kecamatan Balantak Selatan diikuti 30 peserta. Sabtu, 18/02/2023.

Ma'sum menyampaikan bahwa KUA Kecamatan merupakan garda terdepan pelayanan keagamaan dan sebagai etalase Kementerian Agama. Keberadaan KUA Kecamatan selama ini identik dengan layanan kepada umat Islam, khususnya urusan pernikahan. Kementerian Agama telah menggulirkan Program Revitalisasi KUA dengan tujuan memperluas layanan masyarakat di KUA.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan, review dan update perkembangan serta pengelolaan regulasi kelembagaan KUA yang berorientasi pada penguatan aspek regulasi sebagai sandaran kinerja operasional, pelayanan dan dalam menetapkan kebijakan, serta terwujudnya KUA Kecamatan sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat.

Zaenal Abidin menyampaikan bahwa KUA Kecamatan adalah instansi terkecil Kementerian Agama yang ada di tingkat Kecamatan, yang bertugas membantu melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementerian Agama Kabupaten di bidang urusan agama Islam di wilayah Kecamatan.

Menegaskan penguatan regulasi PMA 34 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan, Revitalisasi KUA sebagai kebijakan Menteri Agama dalam memperluas layanan KUA, peningkatan Layanan KUA Kecamatan berbasis digital, dan capaian tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan KUA tahun 2021 dan 2022.

Di lanjutkan Penandatanganan Naskah perjanjian Kinerja tugas dan fungsi serta pelaksana program Kepala KUA se Kab Banggai.

Hariyono

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex