- Kontributor
16 Maret 2019 0:0:0 781

Peresmian MTsN 4 dan MAN 3 Parimo, Kakanwil : buat program pengembangan Madrasah

Ket: Penandatanganan Prasasti oleh Kakanwil Kemenag Sulteng Rusman Langke (16/3)


Parigi (Kemenag Sulteng)- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama(Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah H Rusman Langke, didampingi KaKanKemenag Kabupaten Parigi Moutong Muslimin, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H Kamarudin Syam serta sejumlah Pejabat Pemerintah Daerah Setempat meresmikan Penegerian Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Parigi dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Parigi, Sabtu 16 Maret 2019 di Desa Beringin Jaya Kecamatan Bolano Kab. Parigi Moutong.

Peresmian tersebut di tandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Kakanwil disaksikan oleh pejabat serta masyarakat yang hadir diacara.

KaKanwil Rusman saat memberikan sambutan mengungkapkan bahwa Peresmian Madrasah ini dilaksanakan Berdasarkan terbitnya Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No 731 Tahun 2018 tentang Penegerian 54 Madrasah di seluruh Indonesia.

“Sebagaimana diketahui bahwa pengusulan penegerian Madrasah ini telah cukup lama diupayakan. Perjuangan kurang lebih 11 tahun mulai dari 2008 sampai 2019“ ungkapnya.

Akhirnya usaha dan upaya para pengurus yayasan serta guru untuk menegerikan Madarasah Aliyah Beringin Jaya dan Madrasah Tsanawiyah Wanagading bisa terwujud menjadi MAN 3 Parigi Dan MTSN 4 Parigi.

Olehnya Kakanwil meminta kepada para stacholder di Madrasah agar setelah diresmikannya Madrasah segeralah membuat program pengembangan Madrasah mulai dari Infrastruktur, kedisiplinan proses pembelajaran kepada siswa, khususnya pada bidang Ilmu Teknologi informasi yang saat ini sudah menjadi hal yang sangat perlu bagi kemajuan pendidikan di Madrasah.

“Jangan lupa Madrasah ini harus banyak ditanami pohon penghijauan agar gambaran indahnya sebuah Madrasah Hebat Bermartabat bisa terlihat jelas,“ katanya.

Selain itu, partisipasi masyarakat juga sangat diperlukan dalam mengembangkan madrasah demi terwujudnya kemajuan ilmu pendidikan agama di daerah Parigi Moutong.

Kakanwil juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyumbangkan tanahnya kepada Kementerian Agama untuk di Negerikan dan dikelola baik, tak lupa kepada Pemerintah Kecamatan, Desa serta seluruh Organisasi yang telah membantu tentang Proses Penegerian ini.

“ Insyah Allah, setelah status Peresmian Penegerian Pihak Kementerian Agama akan terus mengembangkannya untuk bersaing dengan sekolah lain, kedepan lebih maju, lebih baik, lebih profesional dalam pelayanan pendidikan “ tuturnya.

Sementara itu Abdul Wahid selaku Kepala Madrasah Beringin Jaya sekaligus Ketua Panitia Peresmian Penegrian sedikit bercerita tentang perjuangan mendirikan Madrasah kurang lebih 11 tahun, mulai 2008 sampai dengan 2019. dari awalnya murid hanya 7 orang untuk melaksanakan proses belajar mengajar, dengan bermodal semangat yang kuat kami terus berupaya hingga menghasilkan buah jerih payah tersebut dengan terbitnya KMA Nomor 731 Tahun 2018. Saat ini Jumlah murid yang ada sekarang berjumlah 186 orang.

Peresmian Penggunaan MAN 3 Parigi dan MTsN 3 Parigi di meriahkan dengan Penampilan Marchin Band, Tari tarian persembahan siswa siswinya.

Hadir dalam kegiatan ini Camat Bolano, Sekcam, Kepala Desa, Pejabat Eselon IV Kanwil Kemenag Sulteng, Kemenag Kab. Parigi Moutong, Kepala Madrasah, Pengawas,Tokoh Agama, Tokoh Pendidik serta Masyarakat kecamatan Bolano.

Penulis : (Ahdal)

 

 

 

 

 

 

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex