- Kontributor
28 September 2019 0:0:0 720

Kakanwil Kemenag Sulteng Rusman Langke Resmikan PTSP Kemenag Tolitoli.

Ket:


Tolitoli (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah H. Rusman Langke meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Jum’at, (27/09/2019). Dalam peresmian PTSP Kakanwil didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli H. Muchlis.

Peresmian PTSP Kantor Kemenag Tolitoli berlangsung meriah, kedatangan Kakanwil bersama rombongan disambut dengan pengalungan sorban dan persembahan tari moduai oleh siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tolitoli.

Dalam laporannya, Kakankemenag Tolitoli H. Muchlis menyampaikan bahwa dasar hukum pembentukan PTSP di Kementerian Agama pertama berdasarkan peraturan Menteri Agama No 65 tahun 2016 tentang pelayanan terpadu pada Kementerian Agama, kedua KMA No 109 tahun 2017 tentang standar pelayanan pada Kementerian Agama, ketiga KMA No 90 tahun 2018 tentang petunjuk pelaksanaan penyelenggaran pelayanan terpadu Kementerian Agama.

Tujuan pendirian PTSP adalah meningkatkan kualitas layanan Publik dan  memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh layanan serta memberikan jaminan kepastian hukum.

“PTSP Kantor Kemenag Tolitoli melayani 44 jenis layanan yang terdiri atas 5 jenis layanan, yang pertama adalah layanan persuratan dan legalisir 4 layanan, kedua layanan pengajuan/usulan dokumen/petugas 8 layanan, ketiga layanan rekomendasi 17 layanan, keempat layanan data 8 layanan, kelima layanan konsultasi 7 layanan dengan Motto SIAP (Santun Ikhlas Amanah Profesional)”. Ungkap Muchlis.

Sementara itu Bupati Tolitoli dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan Sekertariat Daerah Anhar Dg. Mallawa pertama tama mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli atas peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Bupati berharap dengan diresmikannya PTSP dapat lebih mendekatkan dan memberikan akses pelayanan yang lebih luas, cepat, mudah, transparan, pasti, akuntabel dan terjangkau kepada seluruh masyarakat yang ada dikabupaten Tolitoli.

Kakanwil H. Rusman Langke dalam sambutannya mengatakan Pelayanan Terpadu Satu pintu (PTSP) adalah salah satu program dari pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas reformasi birokrasi terkait dengan delapan area perubahan salah satunya adalah pelayanan publik yang optimal yang dilakukan Kementerian Agama dalam melayani umat beragama.

“PTSP merupakan salah satu program kebijakan pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat menikmati pelayanan dengan baik, mudah, cepat, tepat, transparan,efektif,efisien dan akuntabel”. Ungkap Rusman.

Dalam kesempatan itu juga Kakanwil menyerahkan bantuan operasional Masjid sebesar lima Puluh juta rupiah kepada pengurus masjid Babussalam kelurahan sidoarjo Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.

"Alhamdulillah di Tolitoli ini bukan hanya peresmian tingkat kankemenag tapi juga peresmian PTSP tingkat madrasah yaitu PTSP MTsN 2 Tolitoli dan MAN 1 Tolitoli yang merupakan PTSP pertama untuk tingkat madrasah yang diresmikan di Sulawesi tengah." Jelasnya.

Peresmian Pelayanan Terpadu Satu  Pintu (PTSP) Kemenag Tolitoli ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Kakanwil  yang didampingi Bupati Tolitoli dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli serta Kapolres Tolitoli sebagai tanda dimulainya PTSP Kemenag Tolitoli dan ini merupakan PTSP Ketujuh yang diresmikan oleh Kakanwil setelah PTSP Kemenag Kabupaten Poso, Luwuk Banggai, Buol, Donggala, Morowali dan  Banggai Laut.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Tolitoli yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan sekretariat Daerah  Anhar Dg. Mallawa, Unsur Forkopinda, pimpinan OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, Ketua MUI,Kasubbag Umum Kanwil Kemenag sulteng, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kepala Madrasah, Kepala KUA  dan seluruh ASN Kantor Kemenag Tolitoli serta Darmawanita persatuan Kemenag Tolitoli. (Suherman/Ulla)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex