- Kontributor
26 Februari 2020 0:0:0 1240

Pemberitaan Humas Kemenag diharapkan sebagai Kontrol Itjen

Ket: Kabag Kepegawaian dan Umum Itjen Kemenag RI, Sutikno saat menutup Rakor Kehumasan Bidang Pengawasan


Depok (Kemenag Sulteng) - Humas Kemenag membantu dalam proses pemberitaan dan pengendalian. Demikian dikatakan Kepala Bagian Kepegawaian dan Umum Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama RI, Sutikno.

Menurutnya Humas menjadi kontrol bagi Itjen ke daerah. "Setiap diberitakan otomatis secara internal Kami merasa terkontrol oleh pihak yang membaca. "Ujar Sutikno di hadapan seluruh Kasubag Umum dan Humas dan pelaksana humas Kanwil Kemenag se Indonesia.

Sutikno mengharapkan adanya pemberitaan tersebut, sehingga Itjen Betul-betul bekerja secara profesional sebagai auditor, menjalankan fungsi pengawasan.

Menurutnya, Kemungkinan ada saja pihak yang dalam fungsi pengawasan menyalahi tata aturan pengawasan, kode etik profesional auditor. Sutikno berharap adanya pemberitaan terkait pengawasan, menjadikan Itjen semakin baik dalam melaksanakan tugas.

Sebelum menutup dengan resmi kegiatan Rakor Kehumasan bidanb Pengawasan tingkat Kanwil, Pihak Itjen mengucapkan terimakasih kepada Humas Kemenag se Indonesia, atas seluruh pemberitaan terkait pengawasan selama ini.

"Fungsi humas Kanwil Kemenag tidak hanya sebagai pelayanan tamu, namun juga melaksanakan fungsi pemberitaan" pungkasnya.

Sejalan dengan itu, pada materi sebelumnya (25/2) Kepala Biro Humas Data dan Informasi, Suhaili telah menyampaikan dalam paparannya agar Humas Kanwil mempublikasikan setiap program kerja provinsi. 

"Silahkan bapak/ibu publikasikan secara kontinyu setiap program kementerian agama yang ada di wilayah kerja masing-masing," ujar Suhaili.

Suhaili mengatakan dengan publikasi yang terencana dan terus menerus maka publik bisa mengetahui bahwa kementerian agama terus bekerja dan memberi pelayanan kepada seluruh umat beragama dengan maksimal.

"Pemberantasan korupsi, peningkatan kualitas haji dan pembenahan umrah, pembenahan pendidikan agama, penguatan moderasi dan sertifikasi halal, menjadi skala prioritas utama program kemenag," tuturnya.

Rakor Kehumasan yang digelar sejak Senin s.d Rabu 24-26 Februari ini menghadirkan beberapa pemateri yakni, Plt. Irjen memberikan materi Arah Kebijakan Pengawasan Inspektorat Jenderal Tahun 2020. Materi Resolusi Konflik Manajemen Informasi dan Media Sosial oleh Ubaidillah Amin Moech (Staf Khusus Menteri Agama RI); Materi Videografi oleh Abdul Malik (Pakar Media dan Informasi); materi Penguatan SDM Kehumasan oleh Sutikno (Kabag Kepegawaian dan Umum). Materi Sinergi dan Kolaborasi Humas Pusat dan Daerah oleh Suhaili (Karo Humas, Data, dan Informasi Kemenag); dan materi keenam Diseminasi Informasi dan Pengelolaan Media Sosial oleh Nurul Badruttaman (Kasubbag TU dan Humas).

Rakor ditutup dengan penyerahan hadiah kepada enam kasubag humas Kanwil atas video profil terbaik. Adapun Kanwil yang mendapatkan apresiasi tersebut, Kanwil Kemenag Bengkulu, Kanwil Kemenag Sulut, Kanwil Kemenag Bali, Kanwil Kemenag sulbar, Kanwil Kemenag DIY dan Kanwil Kemenag Sumbar (Lilis)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex