- Kontributor
17 Desember 2021 0:0:0 250

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah MTs.N 1 Kota Palu

Ket: Foto Saat Pelaksanaan PKKM (17/12/2021)


Palu (MTsN1 Palu) - Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan.

Terkait dengan pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah tersebut, Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menyusun petunjuk teknis penilaian kinerja kepala madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019.

Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 4 komponen penilaian. Ada 4 kegiatan Kepala Madrasah yang dinilai selama menjabat, yaitu: usaha pengembangan madrasah yang dilakukan, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pada guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Penilaian kinerja kepala madrasah dilaksanakan pada hari Jum’at, 17 Desember 2021, bertempat di Aula MTs.N 1 Kota Palu, Yang menjadi Tim Penilai dari Pengawas Madrasah Kemenag Kota Palu adalah Nurhayati Nadra Laihi, dan Harsono. Merupakan sistem formal yang digunakan untuk menilai kinerja secara periodik, dan hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan, pemberian reward, perencanaan, pemberian konpensasi dan motivasi.

Kedatangan pengawas madrasah disambut baik oleh keluarga besar MTs.N 1 Kota Palu, Di mulai dengan acara pembukaan selanjutnya sambutan kepala madrasah Hj. Rusdiana, mengucapakan “selamat datang kepada Tim penilai PKKM serta memohon berbagai arahan dari ibu Pengawas Pembina Madrasah Kemenag Kota Palu. Kepala Madrasah menambahkan MTs.N 1 kota palu akan selalu berusaha lebih baik lagi baik dalam administrasi maupun bidang lainnya. Termasuk pelayanan terhadap peserta didik. Yang mana mereka wajib mendapatkan transfer ilmu dari para pendidik di MTs.N 1 Kota Palu.

Nurhayati Nadra Laihi, dalam sambutannya mengapresiasi persiapan PKKM MTsN 1 Kota Palu dengan berbagai suguhan berkas yang sudah disiapkan oleh madrasah, “saya mengapresiasi sekali atas kinerja madrasah ini, begitu banyak berkas yang sudah dipersiapkan dan sangat bagus sesuai instrument PKKM semoga kinerja kepala madrasah melalui penilaian ini memperoleh nilai yang baik”. Ucapnya.

Di akhir acara Tim Penilai menyampaikan Apresiasi yang tinggi atas kinerja seluruh komponen MTs.N 1 Kota Palu, Bukan semata mengharap skor nilai tinggi saja. Hal terpenting, segenap komponen madrasah mendapat berkah dari Allah Swt, dalam setiap mentransfer ilmunya kepada peserta didik melahirkan generasi cerdas, religius, dan berkarakter mulia di era digital ini. Tegasnya.
 

*Supardi*

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex