- Kontributor
18 Februari 2023 0:0:0 143

KBAT 2023, Kakankemenag Banggai: Pramuka Dalam Bingkai Moderasi Beragama

Ket:


Luwuk (Humas Kemenag), Kepala Kantor Kemenag Banggai Ma’sum, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kab. Banggai Syafrudin Hinelo bersama Forkopimda mendampingi Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili membuka Kemah Bakti Awal Tahun (KBAT) 2023 Kementerian Agama Kabupaten Banggai. Sabtu, 18/02/2023.

Wabup Furqanuddin menyampaikan apresiasi kepada Kemenag Banggai atas terselenggaranya KBAT 2023. Melalui pramuka, kata Wabup, rasa persamaan dan persaudaraan sesama peserta didik akan terbangun. Gerakan pramuka juga dapat memupuk rasa kebangsaan yang kokoh serta jiwa patriotik yang andal.

“Kegiatan-kegiatan seperti inilah yang bisa menempa mental dan spiritual sehingga timbul rasa persamaan, tidak ada perbedaan di antara sesama anak didik,” ujar Wakil Bupati.

Di samping itu, kegiatan kepramukaan juga dapat menjauhkan peserta didik dari hal-hal negatif seperti penggunaan narkoba.

Sementara itu, Kakankemenag Banggai Ma’sum, mengungkapkan sangat berterima kasih kepada seluruh elemen telah turut bergabung mensukseskan salah satu kegiatan akbar Kemenag Kab. Banggai untuk menjaga silaturahmi dalam bingkai Moderasi beragama.

Dijelaskannya bahwa gerakan pramuka di lingkungan Kemenag juga mampu bersaing dengan gerakan pramuka yang ada di sekolah-sekolah umum. Terselenggaranya KBAT menjadikan Kemenag Banggai sebagai Kemenag kabupaten/kota pertama yang melaksanakan kemah bakti di lingkup Kemenag kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah.

Mengungkapkan pula, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banggai untuk dapat mengikutsertakan peserta didik dari gugus depan madrasah-madrasah di bawah naungan Kementerian Agama RI pada kegiatan pramuka tingkat provinsi maupun nasional, imbuhnya.

Ketua Kwarcab Banggai Syafrudin Hinelo dengan senang hati, agenda-agenda kegiatan Kwarcab Banggai, kami akan terus mengundang Kemenag Banggai. pihaknya tidak akan membeda-bedakan, akan selalu bersikap objektif dalam proses seleksi. Karena pramuka sebagai perwujudan pembentukan karakter generasi muda.

Dari Bumi Perkemahan Lembah Sehu, Desa Salodik, Luwuk Utara, Jumat, 17 Pebruari 2023, Wabup Furqanuddin didaulat sebagai pembina upacara pada pembukaan KBAT 2023. Dengan tema “Kemah Kementerian Agama Kabupaten Banggai Untuk Indonesia Maju dan Rukun” dilaksanakan selama tiga hari, Jumat sampai Minggu (17-19 Februari 2023).

Berdasarkan laporan ketua panitia, sekitar seribu lima ratusan peserta yang terdiri dari aparatur sipil negara (ASN) maupun non-ASN dari seluruh satuan kerja instansi KUA, penyuluh madrasah di lingkup  Kemenag Banggai, peserta didik anggota pramuka setingkat Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah se-Kabupaten Banggai.

Di luar lingkup Kemenag, KBAT 2023 juga diikuti oleh PGRI, Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Dinas Kesehatan Banggai, Satuan Karya Pramuka Wanabakti KPH Balantak, Racana Untika Luwuk, perwakilan gugus depan di SD, SMP, SMA negeri di Luwuk, Luwuk Utara, dan Luwuk Selatan.

Tim Liputan DKISP Kab. Banggai

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex