kemenagparigi H. Mohamad Ahdal, S. Fil. I Kontributor
5 Oktober 2024 20:8:0 38

Kemenag Dukung Pembangunan Pondok Pesantren Nadhatul Khairat Desa Sigenti

Ket: Kemenag Dukung Pembangunan Pondok Pesantren Nadhatul Khairat Desa Sigenti


Parigi (Kemenag Sulteng) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong, H. As'at Latopada, menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Nadhatul Khairat dan Masjid Arrauda, yang didirikan oleh Ketua Yayasan H. Mochsen Alidrus, di Desa Sigenti, Kecamatan Tinombo Selatan, pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Kepala Kankemenag As'at Latopada mengapresiasi keberadaan Pondok Pesantren Nadhatul Khairat di Desa Sigenti, Kecamatan Ongka Malino. Hal ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat setempat dalam menyekolahkan anak-anak mereka untuk mendapatkan pendidikan ilmu agama.

Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong berkomitmen untuk memberikan bantuan agar pembangunan sarana dan prasarana Pondok Pesantren Nadhatul Khairat dapat berjalan lancar sesuai perencanaan, ungkap As'at.

Sementara itu, selaku Ketua Yayasan Nadhatul Khairat dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Mochsen Alidrus, menyampaikan bahwa inisiatif mendirikan lembaga pendidikan ini didorong oleh dukungan kuat dari masyarakat, khususnya Bapak Husen Mardjengi dan keluarga besarnya, yang telah mewakafkan sebidang tanah untuk pembangunan pendidikan agama.

Mochsen menegaskan, tujuan pendirian lembaga pendidikan berbasis pesantren adalah untuk menghidupkan kembali lembaga pendidikan agama di sekitarnya. Sebagai bagian dari Kementerian Agama, ia merasa terpanggil untuk mendukung upaya pendirian lembaga pendidikan agama yang diharapkan dapat memberikan pencerahan bagi generasi muda di masa depan.

Ia menambahkan, lembaga pendidikan agama sangat berpengaruh terhadap kemajuan dan karakter suatu bangsa. "Bangsa yang maju dalam pendidikan akan memiliki generasi yang tangguh dalam menghadapi tantangan zaman, terutama dalam pembangunan keagamaan," ujarnya.

Diharapkan, dengan hadirnya Pondok Pesantren Nadhatul Khairat di Desa Sigenti, beberapa madrasah Alkhairaat yang sempat vakum dapat dihidupkan kembali. Selain itu, Pondok Pesantren ini juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam bidang ilmu agama, tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk belajar di luar daerah.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah ini juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh keluarga besar di Desa Sigenti dan para pejabat dari Kantor Kementerian Agama, baik dari provinsi maupun daerah, yang telah hadir dalam proses pendirian dan pembangunan Pondok Pesantren Nadhatul Khairat serta Masjid Arrauda.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Husen Mardjengi, serta berbagai pejabat dari Kementerian Agama di tingkat kabupaten dan provinsi, ASN, Ketua BAZNAS Parimo serta tokoh agama dan masyarakat setempat di Kecamatan Tinombo Selatan. (Ahdal)

Tags: PAKIS

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex