Lilis Basira Kontributor
20 Mei 2024 17:0:0 554

Hitungan hari ke tanah suci, Kakanwil Imbau Jemaah Jaga Fisik agar Ibadah Lancar

Ket: Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha


 

 

 

 

Palu (Kemenag) - Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha, mengimbau kepada jemaah haji Sulteng yang akan berangkat tahun ini, agar memanfaatkan waktu untuk beristirahat yang cukup menjelang pemberangkatan ke tanah suci. Pasalnya, Tiga hari lagi jemaah haji asal Sulteng Kloter BPN-8 akan masuk Asrama Haji transit Palu.

“Jemaah haji Sulteng, usahakan istirahat yang cukup, aktivitas jangan berlebihan, terlalu capek, siapkan fisiknya karena pemberangkatan ke Makkah tinggal menghitung hari,” ujar Kakanwil, saat ditemui Humas di ruang kerjanya.

Jemaah haji asal Sulteng termasuk pemberangkatan gelombang kedua, sehingga jemaah haji akan turun di Jeddah dan langsung menuju Makkah. Jemaah beristrahat sejenak di hotel yang telah ditentukan sambil menunggu waktu untuk diantar ke Masjidil Haram melaksanakan umrah.

“Jadi harus menjaga fisiknya, agar nanti beribadah lancar,” kata Kakanwil usai dilaksanakan rapat PPIH Daerah Sulawesi Tengah, Senin, 20 Mei 2024. 

Persiapan Asrama haji Transit Palu saat ini mencapai 90 persen, ini berarti setiap petugas layanan telah siap pada posnya masing-masing. Petugas juga diimbau untuk melayani jemaah haji dengan baik, terutama para Lansia agar diperhatikan, “Layani jemaah haji ini, selayaknya orang tua kita dengan keihlasan dan kesabaran. petugas agar dapat menunaikan hak- hak para jemaah haji Lansia ini,” sambung Kakanwil.

Bersikap baik kepada jemaah haji ini, artinya petugas bertutur kata yang santun, menjaga kesopanan, dan menjaga sikap saat melayanj jemaah haji, sambungnya.

Kakanwil juga menjelaskan jumlah Kouta utama Jemaah haji Sulawesi Tengah. Tahun ini jemaah berjumlah 1.993 dan kuota tambahan 80 orang. sehingga kuota jemaah haji Sulawesi Tengah tahun ini sejumlah 2.073, dengan petugas haji Kloter berjumlah 34 orang. Terdapat 24 jemaah yang mutasi keluar Sulteng, dan ada12 jemaah yang mutasi masuk Sulteng. Sehingga jumlah jemaah haji Sulteng sebanyak 2061 orang.

Untuk petugas Kloter asal Sulteng 33 orang, 1 orang lagi berasal dari luar Sulteng, yakni petugas kesehatan. Jadi jumlah jemaah dan petugas Kloter Sulteng adalah 2094 orang, yang akan menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah dan PPIH Provinsi Sulawesi Tengah.

Jemaah haji asal Sulteng terdiri atas 7 Kloter, terdiri atas 6 Kloter penuh ditambah 1 Kloter gabungan dengan jemaah Kalimantan Timur. Kloter haji Sulteng dimulai dengan BPN-8 sampai dengan BPN-14.

Kloter awal (BPN-8) masuk Asrama Haji Transit Palu pada tanggal 23 Mei pukul 20.00 WITA dan diberangkatkan ke Embarkasi Balikpapan pada tanggal 24 Mei, selanjutnya kloter BPN-9 sampai dengan BPN-14 sesuai jadwal penerbangan domestik yang telah ditentukan. Penerbangannya Kloter BPN-8 dari Embarkasi Balikpapan langsung ke Jeddah dengan pesawat Garuda Indonesia 25 Mei pukul 00.50. WITA, imbuhnya.

"Mari kita doakan agar pelaksanaan haji tahun ini berlangsung lancar, jemaah haji pun dapat menjalankan ibadah dengan khusyu, pulang ke tanah air menjadi haji mabrur,” pungkasnya.

 

 

 

 

Tags: Haji

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex