- Kontributor
8 Maret 2021 0:0:0 834

Pengawas Madrasah Validasi Soal Ujian Madrasah di MAN Sigi

Ket:


Sigi (Kemenag Sulteng) - Bertempat di Gedung perpustakaan MAN Sigi, Pengawas Pembina, Sugiono Lasa melakukan verifikasi Kisi-kisi yang akan diujikan pada Ujian Madrasah kelas XII,  Tahun Pelajaran 2020/2021. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang tertuang dalam juknis pelaksanaan Ujian Madrasah tahun 2021.

Dalam verifikasi ini, verifikator memeriksa kesesuaian antara kisi-kisi dan soal yang dibuat, serta menganalisis soal dalam kategori soal  LOTS, MOTS dan HOTS. 

Salah satu Kompetensi yang harus dikuasai oleh Guru adalah kemampuan menyusun Kisi-kisi dan soal-soal yang bergendre HOTS. Ini sudah menjadi tuntutan dunia pendidikan saat ini. Hampir semua soal  yang dimunculkan dalam Ujian yang bersekala Nasioanal bergendre HOTS. Apalagi jenjang selanjutnya setelah SMA/MA adalah perguruan Tinggi yang sudah pasti soal soalnya adalah soal tingkat Tinggi, jelas Sugiono yang hobi otomotif ini.

Ketua Pokjawas Provinsi ini juga menyampaikan tentang hasil verifikasi yang dapat menjadi pembelajaran untuk semua Guru. Dia juga mengharapkan kepada semua Guru agar tidak berhenti belajar meningkatkan pengetahuan dan wawasannya terkait dengan tugasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala MAN Sigi, Dahlan, mengapresiasi  kegiatan ini sebagai wujud dari kesungguhan Madrasah untuk mewujudkan Ujian Madrasah yang berkualitas. Menurutnya, salah satu indikator Ujian Madrasah yang berkualitas ditandai dengan Soal-soal yang berkualitas.

Kegiatan ini juga bertujuan memberikan pencerahan kepada seluruh Guru dalam menyusun soal soal yang kekinian sesuai dengan tuntutan Penilaian Pendidikan yang sudah mempersyaratkan  soal soal HOTs, pungkasnya. (Akram)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex