- Kontributor
26 November 2022 0:0:0 143

Rakor Penyusunan Juknis Seleksi Nasional Peserta Didik Baru MAN IC, MAN PK, dan MAKN Menjamin Mutu Penyelenggraan Madrasah Unggulan

Ket:


Palu, (MAN IC Kota Palu) - Pelaksanaan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN IC, MAN PK dan MAKN Tahun Pelajaran 2022/2023, dibuka oleh Direktur KSKK Kementerian Agama RI. Prpf. Dr. Moh. Isom Sauqi, M. Ag. Bertempat di Freme Plaza Hotel Jogjakarta (22/11/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 22 - 24 November 2022, diikuti oleh 23 Kepala MAN IC se Indonesia, 7 MAN PK dan 2 MAKN, turut hadir Plt. MAN IC Kota Palu, Kasbubdit Bina GTK Kemenag RI, Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Kemenag RI. dan Tim Ahli SNPDB Kementerian Agama. Prof Dr. Abdul Muhid, M. Si dan Prof. Dr. Husairi, M. Si. Dari UIN Sunan Ampel Surabaya, sekaligus menjadi narasumber utama pada pelaksanaan rakor secara tersebut. 

Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) merupakan salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik potensial ditinjau dari sisi akademik, kepribadian, dan kesehatan, sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem asrama (boarding school). Seleksi ini dilakukan dalam rangka menjamin mutu penyelenggraan madrasah unggulan, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri.

Dalam sambutannya Prof Isom menyampaikan Seleksi peserta didik baru perlu dilakukan, karena ini merupakan bagian terpenting untuk menjamin mutu madrasah unggulan kita. Dengan adanya seleksi, diharapkan memperoleh input peserta didik yang qualified dan benar-benar memiliki kualitas baik. Sehingga nantinya, peserta didik mampu mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran di madrasah yang berbasis asrama.

“Kita patut bersyukur bahwa, sekarang ini madrasah sedang diminati masyarakat luas. Animo masyarakat memasukkan anaknya ke madrasah semakin meningkat. Bahkan, banyak madrasah yang menolak. Ini menunjukan bahwa, madrasah bukanlah pilihan alternatif dalam pendidikan, tetapi madrasah adalah pilihan pendidikan yang tepat”, tegas Isom.

Humas MAN IC Kota Palu.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex