- Kontributor
14 Maret 2022 0:0:0 228

Kabid Penmad Membuka Ujian Madrasah Berbasis Komputer dan Android MAN 2 Kota Palu

Ket: Penyematan tanda peserta ujian UAMBK-A oleh Kabid Penmad Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah


MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Pelaksanaaan Ujian Akhir Madrasah Berbasis Komputer dan Android (UAMBK-A) dibuka oleh Kiflin Padjala, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah di MAN 2 Kota Palu hari ini, Senin, 14 Maret 2022.

Sebagai salah satu komponen penting penentu kelulusan siswa di tingkat akhir madrasah, UAMBK-A kali ini diikuti oleh 326 peserta yang terbagi dalam tiga jurusan, yakni IPA, IPS, dan Keagamaan. Menurut jadwal, pelaksanaan ujian ini akan berlangsung selama 10 hari. Dimulai dari Senin, tanggal 14 Maret 2022 hingga 24 Maret 2022. Untuk menjamin proses pelaksanaan ujian ini berlangsung secara aman, jujur dan lancar, MAN 2 Kota Palu melibatkan 66 orang guru sebagai pengawas ruang. Guru yang terlibat adalah seluruh guru MAN 2 Kota Palu baik yang berstatus PNS maupun honorer.

Pelaksanaan ujian akhir di tahun ini mengalami sedikit perbedaan dari tahun sebelumnya. Hal yang membedakan adalah penggunaan aplikasi e-learning yang dapat diakses melalui ponsel android. Sedang di tahun-tahun sebelumnya, ujian berlangsung dengan menggunakan fasilitas komputer yang tersedia di laboratorium madrasah. Tidak tanggung-tanggung, untuk akses melalui android, Kepala Madrasah, Muh Syamsu Nursi menggelontorkan subsidi paket data ke 326 peserta ujian masing-masing sebesar 10 GB.

Menurut Syamsu Nursi, memfasilitasi siswa dan memberikan kemudahan demi kelancaran pelaksanaan ujian adalah merupakan salah satu tugas utama madrasah. Secara keseluruhan jumlah total subsidi data bagi siswa peserta ujian adalah sebesar 3,3 terabytes.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Kiflin Padjala, hadir dan membuka kegiatan UAMBK-A tersebut. Turut mendampingi Ketua Pokjawas sebagai Pengawas Pembina Madrasah, Alfian. Secara khusus, Kabid Penmad memberikan motivasi kepada siswa untuk menggali potensi dan talenta diri masing-masing, serta harus tetap memepertahankan karakter siswa yang Islami, jujur dan berakhlak mulia. 

Ia juga menekankan pentingnya persiapan belajar demi hasil yang maksimal. Dan berharap, siswa MAN 2 Kota Palu dapat memproyeksikan diri dengan citra alumni madrasah yang cemerlang di tengah umat, tandasnya. (nia)  

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex