- Kontributor
5 November 2021 0:0:0 144

Guru MA Alkhairaat Pusat Palu ikuti Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Ket:


Palu (MA Alkhairaat Pusat Palu) – Sebanyak empat guru bahasa Inggris MA Alkhairaat Pusat Palu mengikuti pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dilaksanakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris tingkat Madrasah Aliyah (MA) Kementerian Agama Kota Palu di Hotel Zamrud, Palu (04/11/2021).

Pelatihan ini dilaksanakan dengan menggunakan moda tatap muka In-On-In. Pada tahapan in service learning 1, peserta diarahkan untuk mengkaji materi bersama rekan guru dan fasilitator. Tahapan kedua yaitu On The Job Learning yang mana peserta melakukan aktivitas belajar di madrasah berdasarkan rancangan pembelajaran, LKPD, dan instrumen penilaian yang telah dipersiapkan pada kegiatan In Service Learning 1. Tahapan terakhir yaitu kegiatan refleksi dan umpan balik. Tahapan ini bertujuan untuk memberikan perbaikan dan pengembangan untuk pembelajaran berikutnya.

Ketua MGMP Bahasa Inggris tingkat MA Kemenag Kota Palu, Rafli R Umar, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru-guru madrasah utamanya dalam pembelajaran di kelas.

Ia juga mengatakan bahwa materi yang disajikan dalam pelatihan ini yaitu kebijakan Kementerian Agama terhadap Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Moderasi Beragama, pembelajaran aktif, computational thinking, GEDSI, passive voice, descriptive text, dan recount text.

Nurhayati Nadra L, pengawas pembina MGMP Bahasa Inggris tingkat MA Kemenag Kota Palu, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru mata pelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas karena materi-materi dalam pelatihan ini terintegrasi dengan keislaman yang menekankan pada pembelajaran berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex