- Kontributor
18 Juli 2022 0:0:0 142

Masa Taaruf Siswa Madrasah Bentuk Generasi Cerdas dan Berakhlak

Ket: Kakankemenag saat berikan sambutan dan arahan pada kegiatan Matsama MTsN 2 Kota palu


Palu (Kemenag Sulteng) -- Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Palu melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2022/2023. Sebanyak 224 siswa mengikuti kegiatan tersebut.

 

Pembukaan kegiatan Matsama dihadiri oleh Kakankemenag, Kasi Pendis, Ketua Pokjawas Kemenag Kota Palu, Kepala Madrasah, Kaur TU, pendidik, dan tenaga kependidikan. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu, di aula MTsN 2 Kota Palu, Senin (18/7/2022).

 

Kepala Madrasah MTsN 2 Kota Palu, Munirah dalam laporannya, menyebut kalian merupakan siswa yang terbaik yang hadir ditempat ini kalian memenuhi syarat lulus seleksi masuk MTs Negeri 2 Kota Palu. Ia juga menyapa para peserta didik baru dengan ucapan selamat datang, selamat bergabung di MTsN 2 Kota Palu.

 

Menurutnya, kegiatan Matsama bertujuan untuk mengenal lingkungan madrasah dan membentuk karakter dan kecerdasan anak-anak dengan materi yang akan dijelaskan oleh Bapak dan Ibu Guru. Selain itu, kegiatan Matsama juga dapat menumbuhkan perasaan cinta dan bangga belajar di madrasah, serta mengembangkan kreativitas, disiplin, berakhlakul karimah, dan memiliki kecerdasan, ujar Munirah.

 

Madrasah dan sekolah pada dasarnya sama, madrasah merupakan sekolah umum yang berciri khas Islam, oleh karena itu anak-anakku tidak salah memilih MTsN 2 sebagai tempat belajar, Kalau di sekolah umum belajar Pendidikan Agama Islam 2 jam maka di MTs bukan hanya PAI tetapi ada 5 pelajaran agama yang kalian pelajari, ada Quran Hadist, Fiqih, SKI, Akidah Akhlak, dan Bahasa Arab. Hal ini disampaikan Kakankemenag Kota Palu H. Nasruddin L. Midu pada kegiatan pembukaan Matsama MTsN 2 Kota Palu.

 

Dirinya mencontohkan BJ Habibi ketika ditanya mahasiswa di Mesir Al Ashar, kalau bapak disuruh memilih antara pengetahuan umum dengan pengetahuan agama, maka Habibi memilih pengetahuan agama karena dapat mengantarkan keselamatan manusia baik di dunia maupun di akhirat. Olehnya itu tepatlah anak-anakku memilih MTs sebagai tempat menuntut Ilmu,” tutur Nasruddin.

 

Kakankemenag berpesan kepada siswa-siswi, belajar dan belajarlan agar kalian bisa menjadi penghapal quran, rajin ibadah shalat lima waktu, karena shalat bagi kalian sudah wajib hukumnya, anak-anakku tidak boleh lagi meninggalkan shalat lima waktu, jadikanlah sebagai kebutuhan dalam hidupmu. Ia juga menambahkan kalau Allah mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat, pesannya.

Lanjut Nasruddin, Ilmu yang telah kami dapatkan di MTs juga akan ditransfer kepada kalian. Belajar dan belajarlah tidak ada anak yang baru lahir langsung pintar, tetapi melalui dengan proses pembelajaran, ini perintah agama, tidak akan sama orang yang berilmu dan yang tidak memiliki ilmu. Kalau kalian betul-betul belajar di MTs insyaallah kalian akan menjadi anak yang sukses, cerdas kedepannya, ungkapnya.

 

Kakankemenag mengajak kepada seluruh stakeholder MTs Negeri 2 Kota Palu, mulai Kepala Madrasah, Kaur TU, tenaga pendidik dan kependidikan, mari bersama-sama berkomitmen, membina, membimbing, mendidik, disiplin waktu, tim work yang terpadu, dan memiliki nilai keikhlasan. Kalau ini yang dilakukan insyaallah akan melahirkan siswa-siswi yang berkualitas cerdas dan saleh-saleha.

 

“Curahkan semua kemampuan guru-guru dalam memberikan pendidikan dan pembinaan, bisikkan kepada anak-anak, kalimat Thayyibah, ini tidak bisa diwakili oleh youtube, tetapi tenaga pendidiklah yang berperang penting untuk mendidik siswa-siswi. Semoga anak-anak diberi kesehatan, kekuatan, kecerdasan, dan disiplin sebagai siswa, di MTsN 2 Kota Palu,” pungkasnya.

 

**(Kasman)**

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex