- Kontributor
12 Juni 2023 0:0:0 173

Gudep MAN Biau Sukses Laksanakan Persami Pengambilan Bantara

Ket: Anggota Pramuka Gudep MAN Biau di Area Kegiatan Persami Pantai Bokat


MAN Biau (Kemenag Sulteng) – Gugus Depan (Gudep) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Biau sukses laksanakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dalam rangka Pengambilan Tingkatan Bantara bagi sejumlah anggota pramuka aktif Ambalan Hizbul Wathan dan Ulul Azmi, Ahad (11 Juni 2023).

Sehari sebelumnya, kegiatan ini telah dibuka oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) MAN Biau Salman Dj Adjud dalam sebuah upacara yang dilaksanakan di halaman madrasah dengan diikuti oleh seluruh   anggota Pramuka beserta pelatih dan bina damping.

Dalam amanatnya Kepala MAN Biau selaku Pembina upacara berharap agar kegiatan pramuka ini akan terus berkembang karena di dalamnya peserta didik dapat mengembangkan nilai kemandirian, rasa tanggung jawab dan skill melalu tekpram yang bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Kegiatan Persami ini bertempat di Pesisir Pantai Bokat dengan sejumlah agenda yang telah disusun apik oleh team panitia yang diketuai oleh Syafira siswi kelas XI Agama A.  Wakamad Kesiswaan Hamzah juga turut andil membawakan materi tentang Sejarah Kepramukaan, disusul dengan materi Kode Etik Pramukan oleh pelatih Ariansyah. 

Menurut Syafira puncak acara dilaksanakan saat jurit malam yang berlangsung pada Sabtu malam mulai pukul 02.00 dini hari hingga menjelang subuh.  Para anggota pramuka yang sedang dalam proses penaikan tingkat ini diwajibkan untuk melewati 6 Pos Ujian, ungkapnya. 

“Pada Pos pertama, mereka dihadapkan dengan sejumlah pertanyaan tentang bidang ilmu keagamaan.  Pos kedua tentang kode etik kepramukaan.  Pos ketiga tentang sejarah pramuka.  Pos Keempat tentang kebantaraan. Pos kelima tentang Tekpram, dan pos keenam merupakan evaluasi secara keseluruhan dari pos-pos yang telah mereka lewati sebelumnya.” Jelas Syafirah selanjutnya.

Rangkaian acara dalam Persami ini kemudian diakhiri dengan pelantikan 7 orang anggota pramuka dari kelas X yang dinyatakan pantas memegang gelar sebagai pramuka Penegak Bantara dalam upacara penutupan oleh Kamabigus pada Minggu siang.  (SH-MAN Biau)

Tags: -

Editor: Suherman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex