- Kontributor
3 Januari 2020 0:0:0 673

Pemberian Penghargaan Dan Bantuan Tali Kasih Mewarnai Upacara HAB Kemenag ke 74 Di Kabupaten Poso

Ket:


Poso (Humas Kemenag) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI Ke – 74 Tahun 2020 dengan mengangkat tema “ Umat Rukun, Indonesia Maju “ di Lapangan Maroso Poso, Jum;at (03/01/2020).

Upacara yang di mulai sekitar pukul 08.00 tersebut di pimpin langsung oleh Bupati Poso, Kol (Inf) Darmin A Sigilipu ini berlangsung dengan hikmad dan didukung dengan cuaca pagi yang sangat cerah.

Bupati Poso pada kesempatan tersebut membacakan amanat dari Menteri Agama RI, diantaranya menyampaikan tentang tema Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama tahun 2020 ialah, “Umat Rukun, Indonesia Maju”, dan mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

Selanjutnya Menteri Agama, sebagaimana dibacakan oleh Bupati Poso, mengajak jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia untuk memperhatikan 6 (enam) hal sebagai berikut:

pertama Ia mengajak kepada seluruh jajaran di kementrian yabg dipimpinnya agar memahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi, tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara.

Kedua, Jaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan.

Ketiga kata Fachrul, bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan,

Keempat, Perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat.

Kelima, Rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan.

Dan terkhir Ia mengajak kepada jajaran Pemenang untuk Implementasikan Visi dan Misi Pemerintah ke dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja pusat, daerah dan Perguruan Tinggi Keagamaan.

Pada saat sesi wawancara, ketika di tanyakan mengapa HAB Kementerian Agama dilkasanakan di Lapangan Maroso Poso, Orang nomor satu di Kabupaten Poso ini menjawab,

“ Hari ini merupakan hari yang istimewah, Pemerintah Daerah bekerja sama dengan Kementerian Agama Kab. Poso melakswanakan satu kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke 74. Kegiatan ini sangat luar biasa karena disini kita dapat merajut semua umat yang ada di tanah Poso ini, semua kita bergandengan tangan bersatu melaksanakan upacara yang baru saja kita laksanakan. Karena HAB kali ini mengangkat tema “ Umat Rukun, Indonesia Maju, “ itu sudah pasti, sebab kalau kita toleransi antar umat beragama itu kental, maka kehidupan beragama kita akan baik, dimanapun kita berada, ucapnya,

Ini momentum yang sangat baik yang perlu kita syukuri, apalagi kegiatan ini dilaksankan di awal tahun 2020, dan pelaksanaan upacara berlangsung dengan hikmad. Bupati Poso memberikan apresiasi kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Poso yang selalu memberikan inovasi-inovasi dalam hal pelayanan kepada umat beragama, khususnya masyarakat dan umat beragama yang ada di Kabupaten Poso dan selalu mendukung visi dan misi Pemerintah Daerah menuju Poso yang Cerdas dan Insyaa allah meraih Adipura,

Bupati Poso juga berkesempatan memberikan penghargaan kepada 5 oarng ASN Kementerian Agama yang berdedikasi tinggi serta menyerahkan bantuan tali kasih kepaada 3 keluarga yang rumahnya baru selesai di bedah dan menyerahkan piala serta bonus dari sponsor kepada pemenang lomba bola Voli dan lomba vocal grup guru madrasah.

Upacara peringatan HAB Ke-74 kali ini juga dihadiri Ketua DPRD Kab. Poso, sejumlah FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) diantaranya Wakil Bupati Poso, Kapolres Poso, Danyon 714 Sinmar, Dandim 1307, Pimpinan OPD lingkup Pemba Poso, tokoh agama, tokoh masyarakat, ASN di lingkup Pemda Poso, ASN Kemenag Poso dan siswa siswi MTs dan MA dan tamu undangan lainnya. (Zhaq)

 

 

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex