- Kontributor
12 Desember 2021 0:0:0 168

Pelaksanaan BIMTEK Aplikasi Rapor Digital Madrasah di MA Alkhairaat Pusat Palu

Ket:


Palu (MA Alkhairaat Pusat Palu) – MA Alkhairaat Pusat Palu melaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pengisian Aplikasi Rapor Digital Madrasah (Sabtu, 11/12/2021). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Madrasah, Guru, dan Tenaga Kependidikan di lingkungan MA Alkhairaat Pusat Palu.

Aplikasi ini telah diluncurkan oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama yang akan digunakan oleh 87.000 madrasah se-Indonesia.

Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan Dan Kesiswaan Madrasah menerbitkankan surat edaran Nomor: B-1726/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/06/2021 Tanggal 11 Juni 2021, Perihal Aplikasi Rapor Digital Madrasah.

Surat Keputusan tersebut menekankan bahwa Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia mengembangkan aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM). Aplikasi tersebut merupakan penyempurnaan dari Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang pernah digunakan madrasah. Aplikasi RDM terintegrasi dengan EMIS dan E-Learning Madrasah untuk memudahkan madrasah dalam menggunakan RDM serta mendukung kebijakan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama dalam mewujudkan layanan data pendidikan Islam melalui data tunggal EMIS.

Dalam kegiatan Bimtek ini, Moh. Ikbal selaku narasumber, menjelaskan secara rinci tentang pemanfaatan RDM, memperkenalkan fitur-fitur dalam RDM, dan mempraktekkan cara meng-input nilai-nilai peserta didik sampai mencetak RDM.

Kepala MA Alkhairaat Pusat Palu, Moh. Farhan, mengatakan bahwa aplikasi RDM ini sangat bermanfaat bagi madrasah karena memudahkan guru dalam melakukan pengisian rapor. Olehnya itu, Ia mengharapkan kepada guru-guru untuk memanfaatkan aplikasi ini karena merupakan terobosan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex