- Kontributor
24 Maret 2022 0:0:0 173

Kemenag Poso Bekali Penyuluh Agama Islam dengan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan

Ket: Kakan Kemenag Poso, H. Makmur M. Arief saat menutup kegiatan Pengarusutamaan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan bagi Penyuluh Agama Islam, Kamis (24/3)


Poso (Kemenag Sulteng) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam melaksanakan kegiatan Pengarusutamaan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaaan Bagi Penyuluh Agama Islam Tahun 2022, yang dilaksanakan di RM, Villa Merpati Desa Labuan, Kamis (24/3).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kakan Kemenag Poso, H. Makmur Muh. Arief, Kepala Kesbangpol, Erawanto Timumun, Bimas Polres Poso, Iptu Rianto Hilian sebagai Pemateri, serta diikuti 40 peserta yang meliputi Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS.

Kasi Bimas Islam , H. Wawa Suryatna menyampaikan latar belakang dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan, wawasan bagi Penyuluh tentang moderasi beragama dan meningkatnya wawasan kebangsaan bagi para penyuluh. Hal ini disampaikan saat membuka kegiatan.

“Program ini diharapkan mampu menghadirkan wajah agama yang damai dan merekatkan antar pemeluk agama satu dengan lainnya,” tutur Kasi Bimas Islam yang biasa di sapa H. Wawa ini.

Sementara itu, Kakan Kemenag Poso, H. Makmur mengatakan bahwa penyuluh agama merupakan garda terdepan dan juga ujung tombak pemerintah dalam hal kedewasaan umat di masyarakat.

“Terwujudnya umat beragama yang rukun merupakan cita-cita bersama dan perlu dijaga, Bangsa Indonesia mempunyai modal sosial historis untuk menjadi bangsa yang toleran dan moderat. Agama dan budaya saling menopang dan tidak dipertentangkan,” jelas H. Makmur. Sehingga, mereka perlu diberi program peningkatan kapasitas diri secara berkelanjutan.

“Dengan berbagai perkembangan dan dinamika yang ada saat ini, kami ingin penyuluh bisa satu bahasa. Yakni mendukung pembangunan yang dibalut keagamaan dalam konsep moderasi,” paparnya.

Sebelum menutup kegiatan ini, Kakan Kemenag, H. Makmur meminta kepada seluruh penyuluh Agama harus menjalankan tugasnya sebagai penyuluh yang menjadi penyejuk di tengah-tengah masyarakat.

 

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex