- Kontributor
23 Mei 2019 0:0:0 2864

Quran mengajarkan konsep hidup dalam keberagaman umat

Ket:


Parigi(Inmas Kemenag)-Panitia Hari Besar Agama Islam,bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Kementrian Agama, Serta Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Parigi Moutong menyelenggarakan acara peringatan Nuzulul Qur' an 1440 H /2019 M yang di laksanakan di Masjid Attaqwa Tolai selasa 21 Mei 2019 Jam 20.30 ba'da tarawih.

Nuzulul Qur'an tahun ini bertemakan " Kebersamaan Dalam keragaman di tinjau dari Perspektif Al -Qur'an.

KaKanKemeng Kabupaten Parmout Muslimin MSi yang mengawali sambutan mengatakan bahwa Alquran diturunkan untuk menjadi petunjuk dan Pedoman Bagi Umat Manusia. 

Alquran mengajarkan hidup Manusia tentang hubungan Kepada Allah serta hubungan dengan Manusia Dan Alam Sekitarnya.

Alquran menerangkan konsep Keberagaman yang kita bisa jabarkan khususnya di Negara Indonesia Tercinta yang mempunyai berbagai macam suku dan Agama.

Ada dua konsep keberagaman menurut prespektif Alquran yang patut kita pedomani. Pertama Ashuub yaitu menerima perbedaan akan keberadaan suku bangsa lain sebagai anugerah dari Allah SWT.

Kedua Nahdhariyaanahdah meneriman eksistensi kemanusiaan bahwa manusia adalah ciptaan Allah SWT yang memiliki kesamaan hak antara satu dengan yang lainnya.

Dengan adanya rasa kebersamaan maka akan tercipta situasi keberagaman yakni hidup berdampingan antara berbagai kelompok masyarakat dalam berbuat kebaikan. Mewujudkan kehidupan damai dalam bermasyarakat dan bernegara adalah ajaran Alquran itu sendiri.

Sementara itu Bupati Parigi Moutong diwakili Sekretaris Daerah H Ardi Kadir dalam sambutannya  mengatakan, Al Qur’an berfungsi sebagai peringatan, rahmat, penjelas, berita gembira, serta sumber hokum. Al-Qur’an juga berfungsi sebagai sumber ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi umat manusia, dimana inspirasinya yang tidak pernah kering, mengalirkan nilai-nilai ajaran Islam yang luhur, menebarkan keteduhan, memberi ketenteraman dan menciptakan kedamaian

Olehnya melalui peringatan Nuzulul Qur’an ini, mari kita amalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita semua menjadi mukmin yang sejati untuk senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT,”ujarnya.

Kegiatan Nuzulul Quran ini dihadiri oleh Para Pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Pejabat ,KanKemenag, ASN, sert Jamaah Masjid Attaqwa Tolai Kecamatan Torue.(Ahdal)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex