- Kontributor
6 Juli 2023 0:0:0 227

MAN 2 Kota Palu Inisiator Muda, Ahmad Syauqy Wakili Sulteng ke Tingkat Nasional

Ket: MAN 2 Kota Palu Inisiator Muda, Ahmad Syauqy Wakili Sulteng ke Tingkat Nasional


MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Proses seleksi tahap II Pemilihan Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah baru saja usai. Dari 120 peserta terbaik, hanya 40 peserta yang berhak lanjut ke tahap selanjutnya. Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu, Ahmad Syauqy, terpilih manjadi salah satu yang  peserta yang akan mewakili Provinsi Sulawesi Tengah ke tahap berikutnya, yaitu tahap pelatihan pendalaman Senin, (03/07/2023).   

Program Pemilihan Inisiator Muda moderasi Beragama Madrasah adalah salah satu program terbaru besutan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI.  Program ini bertujuan untuk memperkuat karakter siswa dalam moderasi beragama, menanamkan nilai-nilai Islam wasathiyyah dan Keindonesiaan kepada siswa madrasah di Indonesia.

Mengutip laman website Pendis Kemenag, Direktur KSKK MAdrasah, Moh. Isom, mengingatkan pentingnya menanamkan nasionalisme, wawasan keIslaman yang inklusif, dan upaya menjunjung tinggi kearifan lokal dalam pelaksanaan aksi para siswa calon inisiator

“Penting ditekankan menanamkan nasionalisme, bahwa NKRI sudah final. Tinggal berbuat baik demi keutuhan bangsa dan negara. Juga, pemahaman tentang Islam wasathiyah. Jangan sampai anak-anak kita terpapar pemahaman Islam radikal, intoleran, dan sebagainya. Penghormatan terhadap tradisi, juga penting untuk ditekankan terhadap anak didik kita”, imbuh Isom

Sesuai juknis yang telah ditetapkan, peserta harus mengikuti beberapa tahapan diantaranya: seleksi draf Rencana Aksi Perubahan, Presentasi, Pelatihan Pendalaman dan Apresiasi (Grand Final).  Pada proses seleksi tahap II, Syauqy bersama 119 peserta lainnya yang berasal dari seluruh Indonesia memaparkan Rencana Aksi Perubahan secara daring.

Syauqy, yang saat ini berstatus sebagai Duta Remaja Moderasi Beragama Kota Palu mengangkat tema Seni Budaya Media Moderasi Beragama sebagai pondasi dasar Rencana Aksi Perubahan yang disusunnya.

Selama menjalani proses seleksi, perkembangan Syauqy selalu di bawah pantuan dan pembimbingan intensif Moh. Rifaldi, Pembina OSIM MAN 2 Kota Palu yang juga dikenal intens dalam setiap kegiatan moderasi beragama di Kota Palu. Salah satu diantaranya adalah menggagas kegiatan Pemilihan Duta Remaja Moderasi Beragama bagi siswa jenjang sekolah menengah atas untuk pertama kalinya.    

Menanggapi lolosnya Ahmad Syauqy sebagai wakil Provinsi Sulawesi Tengah menuju tahap Pelatihan Pendalaman di Tingkat Nasional, Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi, menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangganya.

“Selamat kami ucapkan kepada ananda Ahmad Syauqy atas hasil yang telah dicapai. Tugas di tahap selanjutnya akan menjadi lebih berat dan juga membutuhkan lebih banyak ketekunan. Dan semoga rencana aksi perubahan dapat diwujudkan dan diimplementasikan secara maksimal. Teruslah berkarya dan jangan usai untuk mengukir prestasi", tandas Syamsu.

(nee.r)


Editor: -
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex