KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
26 September 2022 0:0:0 3465

Kakankemenag: Mengapa Umat Manusia Harus Beribadah Kepada Allah SWT

Ket: Kakankemenag Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu, M.Ag. sebagai narasumber pada acara dialog interaktif kajian religi tematik di LPP-RRI Palu


Palu (Kemenag Sulteng) – Kantor Kementerian Agama Kota Palu bekerjasama dengan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Palu menghadirkan acara Dialog Interaktif, kajian religi tematik, di LPP-RRI Palu.

Wahai manusia, Sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelum kamu, agar kamu bertakwa. Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Dia hasilkan dengan hujan itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Karena itu janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui. Hal ini di jelaskan Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu dalam kajian religi dialog interaktif di LPP-RRI Palu, Senin (26/9/2022).

Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu mengungkapkan, beribadah kepada Allah dengan menghambakan diri kepada-Nya, penuh kekhusyukan, memurnikan ketaatan hanya kepada-Nya, karena merasakan bahwa hanya Allah-lah yang menciptakan, menguasai, memelihara dan mendidik seluruh makhluk. “Ibadah seorang hamba akan dinilai Allah swt menurut niat hamba yang melakukannya," ungkapnya.

Menurutnya, Allah memerintahkan agar manusia beribadah kepada-Nya, memurnikan ketaatan hanya kepada-Nya saja, dan tidak mempersekutukan-Nya dengan yang lain. Bila manusia menyadari bahwa alam ini diciptakan Allah untuknya, maka manusia wajib menyembah hanya kepada-Nya, melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan-Nya.

Lanjutnya, dengan beribadah kepada Allah sebagaimana yang diperintahkan, manusia akan terhindar dari azab Allah dan ia akan mencapai derajat yang tinggi lagi sempurna. Selain itu, Allah swt menerangkan bahwa Dia menciptakan bumi sebagai hamparan dan langit sebagai atap, menurunkan air hujan, menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan menjadikan tumbuh-tumbuhan itu berbuah.

“Semuanya diciptakan Allah untuk manusia, agar manusia memperhatikan proses penciptaan itu, merenungkan, mempelajari dan mengolahnya sehingga bermanfaat bagi manusia dan kemanusiaan sesuai dengan yang telah diturunkan Allah.” tambah Kakankemenag.

Sementara itu, dijelaskannya bahwa kepemilikan Allah atas hamba-Nya adalah mutlak dan sempurna. Karenanya, makhluk tidak dapat berdiri sendiri dalam kehidupan dan aktivitasnya. Olehnya itu manusia diperintahkan beribadah, merendahkan diri, taat, tunduk, patuh, dan mengikuti perintah Allah.

Beliau juga menyebut, bahwa ibadah merupakan suatu sebutan bagi semua ucapan, sikap, dan perbuatan yang dapat mendatangkan cinta dan keridhaan Allah.  Tidak ada yang berhak menerima ibadah makhluk melainkan Zat Yang Maha Agung yaitu Allah Subhanahu Wa Ta’ala, tutur Nasruddin.

Lebih lanjut, Kakankemenag menjelaskan bahwa Allah SWT adalah wujud yang Maha Agung, Maha kuat, dan sangat dibutuhkan semua makhluk. Oleh karena itu, menurutnya, puncak dari ketundukan harus diarahkan kepada-Nya semata. “Ketundukan, kepatuhan, dan ketaatan tidak boleh bertentangan dengan ketetapan-Nya,” pungkasnya.  

Penulis Kasman

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex