- Kontributor
2 November 2021 0:0:0 151

MTsN 2 Kota Palu Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Ket: Sambutan Kepala MTsN 2 Kota Palu, H. Muh. Syamsu Nursi, S.Pd.I., MM dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Aula Madrasah


Palu (Humas MTsN 2 Kota Palu) Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya di MTsN 2 Kota Palu, selain peringatan hari-hari besar Islam lainnya. Walaupun di tengah pandemik Covid-19, perayaan maulid tahun ini tidak kalah menarik dan meriah dengan tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan ini terlaksana dengan baik dan sukses, tidak lepas dari kerjasama antara pembina keagamaan Islam MTsN 2 Kota Palu dengan guru/wali kelas, tenaga kependidikan, mahasiswa PPL UIN Datokarama Palu, siswa siswi serta warga madrasah lainnya.

Dalam penampilannya, pembawa acara kegiatan menggunakan 3 bahasa terdiri dari: bahasa Arab, bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dari mahasiswa PPL UIN Datokarama Palu. Acara diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, sambutan Kepala MTsN 2 Kota Palu, Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dosen pembimbing mahasiswa PPL, dan dilanjutkan dengan Pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW beserta do’a dan dilanjutkan dengan hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW.

Meningkatkan cinta kepada Rasulullah SAW dengan menjadikannya suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari menjadi tema yang diusung dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H yang dilaksanakan pada Senin (01/11/2021).

Bertempat di Aula MTsN 2 Kota Palu, acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Palu, pengawas pembina, dosen pembimbing mahasiswa PPL, kepala madrasah, kepala urusan tata usaha, guru, tenaga kependidikan serta perwakilan siswa siswi dari masing-masing rombel dari tingkat kelas VII, VIII dan IX.

Dalam sambutannya, Kepala MTsN 2 Kota Palu, H. Muh. Syamsu Nursi, mengatakan bahwa momen peringatan maulid ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya dengan tujuan mengedukasi siswa siswi untuk lebih mengetahui dan meneladani sifat dan akhlak nabi Muhammad SAW.

Syamsu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mahasiswa PPL UIN Datokarama Palu. Dimana selama sebulan ini mereka mampu berkolaborasi dan beradaptasi dengan baik di lingkungan madrasah hingga penarikan kembali ke Kampus UIN Datokarama Palu.

Adapun yang membawakan hikmah maulid pada kesempatan ini adalah Kepala Kantor Kemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu, Dalam ceramahnya, ia mengajak siswa siswi madrasah untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Mengenal Allah SWT harus mengetahui zat, sifat, dan asma-Nya. Man arafa nafsahu faqad arafa Rabbahu, yang artinya barangsiapa yang mengenal dirinya, maka ia pasti mengenal Tuhannya, Adapun rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW itu tentunya tumbuh diawali dengan mengenal sosoknya, olehnya kita harus mengetahui sejarah (biografi) beliau ungkap Nasruddin.

Lebih jauh Kakankemenag Nasruddin menjelaskan, bahwa mengenal Baginda Nabi seharusnya mengetahui sifat wajib dan akhlak beliau. Siddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah adalah sifat wajib Nabi Muhammad SAW.  beliau pun digelari sebagai Al-amin baik oleh kawan maupun lawan beliau, dimana gelar itu bermakna orang yang dapat dipercaya, ungkapnya.

Bahkan sayyidah Aisyah r.a, istri Nabi Muhammad Ketika ditanya tentang bagaimana akhlak Rasulullah, beliau menjawab Kaana Khuluquhul Qur’an, yang artinya akhlak beliau adalah Alqur’an, tandasnya.

By. (Naif Abdun)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex