Zidiarman Kontributor
8 Oktober 2024 16:0:0 107

Imbau para Guru, Kakanwil Tekankan Fokus pada Kualitas Pendidikan di MAN 1 Kota Palu

Ket: Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulteng, H. Mohsen memberikan sambutan pada acara Pembinaan ASN MAN 1 Kota Palu bertempat di aula MAN 1 Kota Palu


Palu (Kemenag Sulteng) – Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulawesi Tengah Mohsen, menekankan pentingnya fokus pada kualitas pendidikan, khususnya di MAN 1 Kota Palu.

Hal ini disampaikan dalam acara Pembinaan ASN yang berlangsung di aula MAN 1 Kota Palu pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Kakanwil memberikan arahan kepada para guru untuk meningkatkan kemampuan dan memberikan teladan yang baik kepada siswa. Para guru perlu berkomitmen untuk menyatukan persepsi dalam memperbaiki mutu pendidikan.

“Semakin banyak siswa semakin bagus ekspektasi masyarakat terhadap sekolah, namun yang perlu ditunjukkan adalah kualitas bukan hanya kuantitas,” ujar Mohsen.

Ia berharap, melalui manajemen yang baik, MAN 1 Kota Palu dapat unggul dibandingkan sekolah-sekolah umum lainnya. Kakanwil menegaskan bahwa kualitas pendidikan harus menjadi prioritas utama dalam setiap langkah yang diambil.

Menjawab pertanyaan beberapa guru terkait tantangan yang dihadapi, Kakanwil mendorong guru untuk terus mencari cara agar dapat bersaing dengan sekolah lain. Ia juga menegaskan bahwa kualitas guru adalah faktor utama dalam pendidikan yang berkualitas.

Menurutnya, semua fasilitas yang ada dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. “Gunakan kemampuan pembelajaran dengan fasilitas apapun,”tegasnya.

Ia memberikan contoh pada sekolah-sekolah di Jakarta. Banyak sekolah swasta di Jakarta yang mutunya bagus tetapi kualitasnya dikalahkan oleh sekolah sederhana karena gurunya yang berkualitas.

Sehingga penting bagi guru untuk lebih bertanggung jawab dalam mengembangkan diri dan meningkatkan profesionalisme. Ia juga menekankan pentingnya menggunakan metode pembelajaran yang inovatif, dan memanfaatkan IT. Teori dengan praktik, harus dipadukan, katanya.

Kakanwil Mohsen juga berharap agar pihak madrasah dapat bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menciptakan solusi dalam pengembangan pendidikan. Ia menjelaskan pentingnya  mempersiapkan kelas-kelas khusus untuk kegiatan olimpiade, KSM, OSN, dan lainnya, dengan pendampingan yang maksimal.

Dalam sambutannya, Kakanwil juga menyampaikan perlunya mengevaluasi infrastruktur dan merencanakan pengembangan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk mendukung proses belajar.

Ahmad Hasni, Kakankemenag Kota Palu, menambahkan harapannya agar madrasah di Kota Palu dapat menjadi barometer pendidikan di Sulawesi Tengah. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kota Palu, Kamad MAN 1 Kota Palu, serta para tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 1 Kota Palu.


Editor: Lilis Basira
Fotografer: Humas Ahsan

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex