KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
20 November 2023 0:0:0 118

MTQ Ke-V dan Festival Seni Qasidah Tingkat Kabupaten Morowali Utara Resmi di Tutup

Ket: Foto Bersama Kakakan Kemenag Morowali Utara Bersama Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali Utara dan Ketua TP-PKK Morowali Utara


Morowali Utara (Kemenag Sulteng) - Kementerian Agama(Kemenag) Kabupaten Morowali Utara bersama Pemerintah Daerah menyelenggarakan Musabaqoh Tilawatil Qur'an(MTQ) ke V dan Festival Qasidah Tingkat Kabupaten Morowali Utara Tahun 2023.

Rangkaian pelaksanaan MTQ Ke-V dan Festival Seni Qasidah LASQI akhirnya resmi di tutup oleh Bupati Morowali Utara Dr. dr Delis Julkarson Hehi, MARS di Pelataran Kantor Bupati, Minggu (19/11/2023).

Pada acara tersebut, Keputusan Dewan Hakim MTQ ke-V mengumumkan para peserta terbaik dari setiap cabang, jenis dan golongan yang dilombakan.

Kafilah Kecamatan Petasia menyabet juara umum dengan perolehan nilai tertinggi yakni sebanyak 59 poin. Kecamatan Petasia berhasil menempatkan 7 orang sebagai peserta terbaik pertama, 7 orang sebagai peserta terbaik kedua, dan 3 orang sebagai peserta terbaik ketiga.

Sementara Juara Kedua diraih oleh Kecamatan Petasia Barat dengan perolehan nilai sebanyak 43 poin dan Juara Ketiga diraih oleh Kecamatan Bungku Utara dengan perolehan nilai sebanyak 36 poin.

Untuk pemenang Festival Seni Qasidah LASQI para pemenang terbagi atas beberapa cabang. Juara 1 Bintang Vokalis Kanak-Kanak Putri diraih oleh Suci Ramadhan dari Kecamatan Petasia. Juara 1 Bintang Vokalis Remaja Putra diraih oleh Junaedi dari Kecamatan Petasia Timur.

Sedangkan Juara 1 Bintang Vokalis Remaja Putri diraih oleh Muslimah H. Jannah dari Kecamatan Petasia Juara 1 Bintang Vokalis Dewasa Putra diraih oleh Abdul Syahid Willah dari Kecamatan Petasia serta Juara 1 Bintang Vokalis Dewasa Putri diraih oleh Widyawati U. Saru dari Kecamatan Petasia.

Untuk Cabang lainnya, Juara 1 Rebana Klasik Remaja Putri diraih oleh Kecamatan Bungku Utara dan Juara 1 Fashion Show diraih oleh Kecamatan Mamosalato.

Kegiatan diawali dengan Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara dimana para peserta diajak untuk mendengarkan Hikmah Maulid Nabi yang disampaikan oleh Ustad H. Abdullah Nur M.Th.I.

Bupati Delis dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak baik dari panitia, Dewan Hakim, serta para peserta kafilah sehingga penyelenggaraan Event besar umat Islam di Kabupaten Morowali Utara tersebut dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Bupati berharap nilai-nilai mulia dari Kitab suci Al-Qur'an dapat menjadi pedoman bagi umat Islam yang ada di Kabupaten Morowali Utara dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

"Selamat Kepada para Pemenang MTQ Ke-V ini. Untuk para peserta yang belum mendapatkan juara, kami berharap dapat terus belajar untuk dapat meningkatkan kemampuan sehingga kedepan dapat meraih juara", ujarnya.

Bupati Delis juga berpesan kepada para peserta yang telah mendapatkan juara agar tidak hanya puas mendapatkan prestasi di tingkat Kabupaten, namun harus dapat lebih termotivasi lagi agar bisa meraih gelar di tingkat Provinsi bahkan di Tingkat Nasional.

"Dengan selalu berlatih dan meningkatkan kompetensi diri kami berharap para peserta yang meraih juara ditingkat Kabupaten ini nantinya dapat mengharumkan nama Daerah di Tingkat Provinsi maupun di tingkat Nasional" pungkasnya.

 

Sementara itu, Kakan Kemenag Morowali Utara Dr. H Abdul Mun'im, M.H.I., turut mengucapkan selamat kepada para peserta yang meraih juara pada event MTQ tersebut dan juga bagi peserta yang belum berhasil janganlah berkecil hati teruslah berlatih dan memacu diri untuk berprestasi di kesempatan yang akan datang ketidakberhasilan kalian kali ini hanyalah kemenangan yang tertunda.

Dirinya berharap, kedepan event ini dapat terus diselenggarakan secara berkesinambungan. 

Gelaran MTQ Ke-V dan Festival Seni Qasidah Lasqi Tingkat Kabupaten Morowali Utara Tahun 2023 ditutup secara resmi dengan "Pemukulan Bedug" oleh Bupati Delis.

Juara 1, 2 dan 3 MTQ mendapatkan Piala serta uang tunai sementara juara harapan 1 dan 2 mendapatkan piagam serta uang tunai. Untuk juara 1,2 dan 3 Lomba LASQI mendapatkan piala.

Piala diserahkan oleh Bupati Delis yang didampingi oleh Wabup Djira, Kakan Kemenag H. Abd Mun'im, Sekda Morut selaku Ketua Panitia dan Ketua TP-PKK Ny. Febriyanthi

Seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan Penurunan Bendera MTQ oleh Paskibra serta diakhiri dengan pembacaan Doa oleh Ketua MUI Morowali Utara Ustadz H. Masyhur S.Ag.

Para Pemenang MTQ dan Festival Seni Qasidah LASQI akan ikut serta dalam Kegiatan MTQ dan Festival Seni Qasidah LASQI tingkat Provinsi beberapa waktu kedepan.

 

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex