- Kontributor
11 November 2021 0:0:0 124

Kepala KanKemenag Parimo, Buka Piloting Pusaka Sakinah Di Kecamatan Parigi Selatan

Ket:


Parigi (Kemenag Sulteng) Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Parigi Moutong Muslimin membuka Piloting Pusaka Sakinah kecamatan Parigi Selatan tahun 2021, Selasa 9 November 2021 di ruang nikah KUA kecamatan Parigi Selatan.

KaKanKemenag Parimo mengatakan bahwa piloting Pusaka Sakinah ini adalah program pemerintah dalam hal mencari keluarga yang bahagia dan bisa dijadikan teladan di masyarakat.

Muslimin memaparkan bahwa keluarga yang dimaksud adalah, keluarga yang  dibentuk atas dasar perkawinan yang sah baik secara agama dan tercatat secara resmi diakui oleh negara. Kalau tidak melalui perkawinan itu namanya bukan keluarga, jelasnya.

Ada beberapa kriteria keluarga sakinah yang masuk dalam program pembinaan kementerian agama yaitu keluarga pra nikah yang dibentuk bukan melalui perkawinan yang sah, keluarga sakinah I yang dibangun atas perkawinan sah, telah memenuhi spritual dan material namun belum bisa memenuhi kebutuhan pendidikan, keluarga sakinah II yang dibangun atas perkawinan sah, memenuhi kebutuhan kehidupan memahami pentingnya pelaksanaan ajaran agama dan berinteraksi sosial namun belum mampu mengembangkannya, keluarga sakinah III yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan keimanan ketakwaan, berakhlak baik serta berinteraksi sosial namun belum menjadi suri tauladan, dan keluarga sakinah III plus, yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan keimanan ketakwaan, berakhlak mulia secara sempurna, serta berinteraksi sosial dengan masyarakat, dan telah menjadi tauladan bagi lingkungannya.

Sementara itu Zainuddin selaku ketua panitia menyatakan bahwa kegiatan Piloting Pusaka Sakinah adalah merupakan program kementerian agama sebagai pengganti dari program KUA teladan dan Keluarga Sakinah setelah adanya wabah pandemi covid-19 melanda Indonesia.

Piloting Pusaka Sakinah adalah menavigasi dan mengidentifikasi keluarga yang masuk dalam kriteria keluarga sakinah.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh 50 orang peserta dari beberapa keluarga yang terpilih di kecamatan Parigi Selatan.(Ahdal)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex