- Kontributor
9 Desember 2022 0:0:0 114

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kelompok Kerja Madrasah Aliyah Kab.Tolitoli

Ket:


Tolitoli (Man Tolitoli),-Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tolitoli memberikan pemahaman kepada seluruh Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) tentang moderasi beragama dalam giat pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di Hotel Mitra, Jumat, 9/12/2022.

Pelaksanaan  kegiatan IN-1  dihotel mitra 9-10 Desember, kegiatan ON tanggal 12-14 Desember di MAN Tolitoli, dan kegiatan IN-2 tanggal 15 Desember pada MAN Tolitoli.

Tujuan mewujudkan kegiatan / pelatihan secara efektif melalui KKMA sebagai tempat belajar, sumber belajar, wadah komunikasi, pembinaan, peningkatan frofesi dan karir kepala Madrasah yang terarah, terukur, serta berkelanjutan dan membangun kerja sama antar madrasah dalam mengembangkan kreatifitas dan inovasi layanan pendidikannya serta kesadaran untuk saling bertukar informasi, pengetahuan, keterampilan dan budaya kerja yang berkualitas melalui wadah kelompok kerja.

Tujuan Khusus pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi kepala Madrasah melalui kegiatan PKB KKM jenjang MA.Kab. Tolitoli melalui kegiatan Workhsop dalam bentuk IN, ON, dan IN. 

Jumlah peserta 18 Peserta dari 18 Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Tolitoli. dengan narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Tolitoli, Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli.

Adapun Materi Kegiatan analisis konteks / laporan Evaluasi diri Madrasah (EDM), rencana kerja Madrasah (RKM)  dan rencana anggaran dan kegiatan Madrasah (RAKM), pengembangan sumber daya manusia di Madrasah, Sistem administrasi dan informasi Madrasah.

Dalam sambutannya Kakankemenag mengatakan saat ini yang perlu di galakkan adalah moderasi beragama dan transformasi digital, moderasi beragama berarti cara pandang kita terhadap kehidupan beragama, dan tranformasi digital, bagaimana kita melek dengan teknologi saat ini, ujarnya.

Moh. Taslim berharap seluruh peserta dapat mengikuti acara ini hingga selesai, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kepala Madrasah, guru, dan siswa, yang pada akhirnya kualitas Madrasah menjadi lebih baik. Manfaatkan waktu belajar ini dengan sebaik-baiknya dan fokus pada materi yang disampaikan oleh narasumber, ujarnya.

Kegiatan ini di selenggarakan sebagai bentuk usaha peningkatan SDM kepala Madrasah di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli yang di ikuti seluruh kepala Madrasah Aliyah baik Negeri maupun swasta.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri MAN Tolitoli Muhammad AY Rumi mengatakan ada lima kompetensi kepala madrasah meliputi lima hal, kepribadian, manajerial, kewirausahaan, kompetensi dan sosial. Menurutnya tugas guru sangatlah mulia dan suci, tutupnya.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex