- Kontributor
23 Oktober 2023 0:0:0 146

MTsN 2 Parigi Peringati Hari Santri

Ket:


Parigi (Kemenag Sulteng) - Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Parigi turut melaksanakan Apel Peringatan Hari Santri (HSN) Ahad 22 Oktober 2023 di halaman madrasah. 

Bertindak sebagai Pembina Apel Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Parigi Saefuddin, yang diikuti seluruh warga madrasah yang terdiri dari dewan Guru, Tenaga Kependidikan Madrasah serta santriwan dan santriwati kelas 7, 8 dan 9. 

Dalam amanatnya Saefudin menyatakan peran santri sangat penting dalam melakukan perjuangan melawan penjajah Belanda.

Semangat jihad itu makin berkobar seiring dikeluarkannya seruan Resolusi Jihad dari Hadratusy-Syaikh Romo Kyai Haji Hasyim Asy'ari. Resolusi itu antara lain menegaskan bahwa melawan penjajah itu wajib, fardu 'ain, dan meninggal berperang melawan musuh itu hukumnya mati syahid.

Sejak saat itu posisi santri menjadi pilar kekuatan bangsa, pondasi kekokohan bangsa dan hal tersebut sudah terbukti sejak zaman perjuangan.

Saefuddin juga mengungkapkan sebagai santri kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan prilaku kita sehari-hari, serta harus menjadi contoh yang baik di masyarakat.

Olehnya melalui momentum Hari Santri ini Kamad MTsN 2 Parigi mengajak semua anak didiknya untuk merenungkan peristiwa ini dan menjadikan teladan generasi penerus yang hidup di era kemerdekaan, dengan situasi dan keadaan serba moderen akan arus informasi, digitalisasi dan globalisasi.

Ia berharap Hari Santri dapat menjadikan semangat para Santri untuk memperkuat jihad santri yang hidup di era milenial yaitu dengan menuntut ilmu Agama dengan sungguh-sungguh, konsisten dengan mengikuti zaman sekaligus mempersiapkan pemimpin masa depan.

Mari kita jadikan Tema Hari Santri Nasional Tahun 2023 "Jihad santri Jayakan Negeri " tema tersebut untuk benar-benar ditanamkan dalam jiwa dan bisa terwujud sesuai yang diinginkan, tegasnya.

Diakhir sambutannya mewakili Keluarga Besar MTsN 2 Parigi , Saefuddin mengucapkan "SELAMAT HARI SANTRI NASIONAL 2023" Mari Bersama Kita Teguhkan Semangat Jihad Dalam menjaga NKRI.

Usai kegiatan apel dilaksanakan lomba untuk seluruh siswa yakni, lomba cepat menemukan surat dan ayat dalam Al-Qur'an, dan lomba hafalan sambung ayat dikandung maksud untuk memberikan umpan balik pemahaman siswa atas program Tahfidzul Qur'an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Parigi.

Peringatan Hari Santri juga di gelar di semua madrasah yang ada di lingkungan Kemenag kabupaten Parigi Moutong mulai dari Madrasah Aliyah, Tsanawiyah dan Ibtidaiyah baik Negeri maupun swasta.(SFN/Ahdal)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex