man2kotapalu Nihayati Rugaiyah Kontributor
15 Juni 2023 0:0:0 313

MYRES 2023, Tim MAN 2 Kota Palu Presentasikan Proposal Penelitian di Tingkat Nasional

Ket: Tim peneliti muda MAN 2 Kota Palu presentasikan proposal penelitian di tingkat nasional dalam MYRES 2023


MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Kementerian Agama RI kembali menggelar ajang kompetisi Madrasah Young Researcher Super Camp (MYRES) Tahun 2023. Tim Peneliti Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu menjadi satu-satunya wakil Provinsi Sulawesi Tengah yang berhasil lolos menuju tahap presentasi proposal di tingkat nasional. Tahapan presentasi proposal tersebut dilaksanakan secara daring, Senin, 12/06/2022.   

Tim peneliti muda madrasah yang berhasil lolos dalam fase seleksi 120 besar peserta terdiri dari dua siswi Man 2 Kota Palu yaitu Ahdayani Dwi Putri Salam dan Siti Fachriza Aulia. Proposal penelitian yang diajukan berjudul Efektifitas Penggunaan Infografis pada Instagram dalam Revitalisasi Bahasa Daerah (Kaili) sebagai Kearifan Lokal Kota Palu. Dalam penyusunan proposal penelitian tersebut, Ahda dan Aulia dibimbing oleh dua Guru Pembina yaitu Alfiah dan Siska.     

Pada tahap persiapan, tim Ahda dan Aulia dibimbing bersama tiga tim lainnya dengan tema penelitian yang berbeda. Secara keseluruhan dalam MYRES Tahun 2023 ini MAN 2 Kota Palu mengirimkan empat tim peneliti dan satu tim berhasil lolos menuju tahap presentasi proposal yang dilaksanakan secara daring.

Pembimbing dua, Siska yang juga saat ini berperan sebagai Pembina kelompok ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah dan Riset Remaja (KIRR) menjelaskan bahwa seluruh peserta yang mengikuti kompetisi saat ini tergabung dalam KIRR MAN 2 Kota Palu. Namun pada saat seleksi peserta untuk mengikuti kompetisi MYRES, MAN 2 Kota Palu membuka kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh siswa, jelasnya.  

Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh peserta dan para pembimbing atas upaya keras yang telah dilakukan sejak beberapa bulan sebelumnya. Mulai dari tahap persiapan, penyusunan proposal, hingga presentasi di tingkat nasional.

Mengingat MYRES merupakan salah satu kompetisi bergengsi yang diselenggarakan secara rutin oleh Kementerian Agama RI dan selalu diminati oleh ribuan peserta, Syamsu merasa bersyukur dan gembira siswanya berhasil lolos pada tahap 120 besar.

“Prestasi ananda Ahdayani dan Fachriza aulia memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi madrasah. Sebagai satu-satunya perwakilan dari Provinsi Sulawesi Tengah, kami berharap semoga mereka mampu menampilkan performa terbaik dan berhasil menuju tahap 30 besar kelak,“ tuturnya.

Syamsu berharap Ahdayani dan Fachriza dapat melakukan persiapan dengan lebih matang dan lebih baik, serta menyatakan bahwa pihak madrasah siap untuk memberi dukungan terbaik bagi timnya untuk meraih prestasi di tingkat nasional. 

(nr)


Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex