- Kontributor
24 Mei 2022 0:0:0 198

Jelang Pemberangkatan Haji, Kemenag Tolitoli Gelar Manasik Haji Kabupaten Tahun 2022

Ket:


Tolitoli (Kemenag Tolitoli) -  Dalam rangka menambah dan memperdalam ilmu pengetahuann serta demi memperlancar dalam pelaksanaan ibadah haji, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah melaksanakan Bimbingan Manasik Haji Kabupaten 1443/2022,  Selasa (24/5/22).

Kegiatan manasik yang digelar di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Tolitoli tersebut di buka oleh Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan yang turut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Muchlis, Kepala Seksi PHU Kemenag Tolitoli Ulfa Yunus, pejabat dilingkup Kemenag Tolitoli, pejabat lingkup Pemerintah Daerah Tolitoli serta seluruh Jemaah haji Kabupaten Tolitoli.

Wakil Bupati Tolitoli dalam sambutannya pertama tama mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya kegiatan ini yang tujuannya memberikan wawasan, pengetahuan serta sikap perilaku dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar.

Wakil Bupati berharap nantinya dalam melaksanakan ibadah ditanah suci dapat berjalan lancar, sehat sesuai dengan sunnah sehingga dapat memperoleh predikat haji mabrur.

“Menunaikan ibadah haji adalah sesuatu yang amat dirindukan oleh setiap umat islam, bahkan oleh yang telah menunaikannya berkali-kali sekalipun. oleh karena itu bagi yang dimudahkan Allah untuk bisa menunaikan ibadah haji agar menggunakan kesempatan emas itu dengan sebaik-baiknya”, katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Muchlis dalam arahannya menyampaikan bahwa manasik haji yang dilaksanakan ini dalam rangka untuk memantapkan  serta mempersiapkan diri dengan berbagai macam persiapan secara matang, baik dalam bentuk materi maupun ilmu pengetahuan sehingga dalam menjalankan ibadah haji nantinya akan memperoleh hasil yang baik dan memuaskan sehingga mendapatkan predikat haji mabrur.

Olehnya itu, Kakankemenag Muchlis berharap kepada seluruh Jemaah haji agar dapat mengikuti manasik ini dengan sebaik-baiknya, karena melalui bimbingan manasik ini kita akan diajarkan, dan diberikan pemahaman, bimbingan serta petunjuk-petunjuk tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji selama berada di tanah suci.

Muchlis menambahkan manasik itu terbagi dua yaitu manasik langsung dan manasik tidak langsung. “ yang dimaksud manasik langsung yaitu manasik yang dilakukan secara tatap muka dan pembinaan sedangkan manasik tidak langsung yaitu manasik yang berbentuk video manasik dan buku-buku manasik”, ungkapnya.

“Pelaksanaan manasik haji ini tidak hanya dilaksanakan di Kabupaten, tetapi juga akan dilaksanakan di Kecamatan. Manasik di kecamatanlah kita akan diajarkan praktek tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji”, Jelasnya.

Sebelumnya, ketua panitia pelaksana Ulfa Yunus mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan bimbingan manasik haji  tahun 2022 dimaksudkan agar Jemaah haji memperoleh pengetahuan tentang pelaksanaan ibadah haji.

sedangkan tujuannya yaitu untuk memantapkan pemahaman bagi Jemaah haji agar dapat menjadi Jemaah haji yang mandiri menuju haji mabrur.

Kegiatan bimbingan manasik haji tahun 2022 diikuti sebanyak 105 calon Jemaah haji Kabupaten Tolitoli.

 

 

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex