- Kontributor
28 September 2020 0:0:0 258

Kakanwil Kemenag Sulteng Buka Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Haji Di Parimo

Ket:


Parigi(Kemenag Sulteng),Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Rusman Langke, membuka Diseminasi Terkait Pembatalan Keberangkatan Haji Tahun 2020, di Aula Hotel Oktaria Parigi Senin, 28 September 2020.

Rusman dalam sambutannya mengatakan proses pelaksanaan ibadah haji merupakan program pemerintah yang melibatkan beberapa Kementerian di Indonesia. 

Ditahun 2020 ketika terjadi wabah pandemi covid 19 melanda dunia, pemerintah Indonesia mengambil kebijakan untuk tidak memberangkatkan jemaah calon haji pada tahun 2020. Hal ini dilakukan untuk menghidari penyebaran wabah covid 19, ungkapnya. 

Dijelaskannya, kegiatan Diseminasi Terkait Pembatalan Keberangkatan Haji Tahun 2020, yang mengambil tema "Berhaji Hanya Untuk Yang Mampu" adalah dimaksudkan bahwa orang yang akan pergi melaksanakan ibadah haji, adalah orang yang sudah dinyatakan istita'ah, artinya telah mampu dalam sisi kesehatannya baik jasmani dan rohani, memiliki bekal yang cukup untuk pergi dan kembali, mendapatkan keamanan dan kelancaran dalam melaksanakan ibadah haji menuju tanah suci Mekkah. 

Olehnya melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa memahami, bahwa keputusan pemerintah dalam mengambil kebijakan tidak memberangkatkan jemaah calon haji tahun 2020, adalah untuk memutus mata rantai penyebaran wabah covid 19, demi keselamatan dan keamanan umat manusia, jelasnya.

Kakanwil mengungkapkan bahwa dana setoran JCH tahun 2020 yang tidak jadi berangkat akan dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji Indonesia untuk memperoleh nilai manfaat, namun apabila ada jamaah yang ingin menarik kembali dana tersebut, dipersilahkan untuk menghubungi KanKemenag Kabupaten /Kota untuk diproses, namun tidak lagi mendapatkan nilai manfaat dari dana pelunasan hajinya. 

"Kepada JCH yang akan berangkat tahun depan agar mempersiapkan kesehatan sebaik mungkin, agar tidak menjadi kendala saat tiba musim haji tahun 1442 hijriyah."tuturnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala KanKemenag Parigi Moutong Muslimin, Kepala Bidang Haji Dan Umrah Kanwil Kemenag Sulteng Lutfi Yunus, Kabag Kesra Setda Kabupaten Parigi Moutong Haris Rahim serta staf khusus perwakilan anggota DPR RI Komisi VIII yang diikuti sebanyak 100 JCH Kab. Parimo.

By.(ahdal)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex