- Kontributor
23 November 2021 0:0:0 137

KakanKemenag Kota Palu Bawakan Materi PKB MGMP di MTsN 2

Ket: Suasana Pelaksanaan Kegiatan PKB MGMP Bahasa dan Sastra Indonesian di MTsN 2 Kota Palu


 

Palu (Kemenag Sulteng)--- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu, M.Ag Sampaikan Materi dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa dan Sastra Indonesia di Aula MTsN 2 Kota palu, Senin (22/11/2021).

Kegiatan dengan tema pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dihadiri oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kota Palu, Kepala MTs N 2 Palu, pengawas pembina, Ketua MGMP, dan puluhan guru dari berbagai MTs di Kota palu.

Dalam materinya Kakankemenag Nasruddin L. Midu menjelaskan, tentang peran penting Kemenag dalam pencapaian target pembangunan pendidikan nasional yang berkualitas.

“Salah satu prioritas rencana strategis Kemenag dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam adalah peningkatan mutu pembelajaran melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah,” jelasnya.

Kakankemenag juga menguraikan skema PKB untuk peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah.

“Fokus program tersebut dilakukan dikelompok kerja terdekat melalui kegiatan kelompok kerja guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), kelompok kerja madrasah (KKM), dan kelompok kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah, “ ungkapnya.

Dalam rangka mencapai prioritas mutu pendidikan sebagaimana di atas, Nasruddin mengatakan diperlukan rekrutmen instruktur/fasilitator yang berkualitas. Pelatih tersebut, sesuai dengan ketentuan pedoman PKB Guru, disebut dengan instruktur nasional (IN), Fasilitator provinsi (Fasprov), Fasilitator Daerah Kabupaten/Kota (Fasda) yang akan bertugas dimasing-masing kegiatan level Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Lebih lanjut, Nasruddin mengatakan bahwa bentuk dukungan pemerintah terhadap program PKB Guru, Kepala Madrasah, dan tenaga kependidikan Madrasah adalah melalui implementasi proyek Realizing Education Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for improved Quality of Education (Madrasah Education Quality Reform) Yang disingkat REP-MEQR.

“Ini merupakan sebuah program investasi SDM yang dikembangkan oleh Kementerian Agama,” tutur Nasruddin.

Pelaksanaan proyek ini sendiri dimulai pada awal tahun 2020 dan berakhir pada tahun 2024, di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota diseluruh Indonesia, pembiayaan proyek bersumber dari pinjaman Luar Negeri Bank Dunia (IBRD Loan No. 8992-ID) sebesar Rp. 3,7 Trilliun (USD 250 Juta).

Salah satu tujuan pelaksanaan program PKB menurut Nasruddin adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional guru dan tenaga kependidikan madrasah yang dilaksanakan berjenjang, bertahap, dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kualitas, pengembangan keprofesian, kompetensi dan kinerja guru madrasah.

“Peningkatan mutu madrasah dan daya saing lulusan madrasah akan semakin maju, meningkat dan pada tujuan utama mencerdaskan kehidupan bangsa,” tandasnya.

Humas Kemenag Kota Palu

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex