- Kontributor
2 April 2022 0:0:0 146

Hilal tidak terlihat di Sulteng

Ket: Kakanwil Kemenag Sulteng beserta Bimas Islam Kemenag Sulteng dan BMKG melakukan pemantauan Hilal awal Ramadhan di Desa Marana, Jum


Marana (Kemenag Sulteng) –  Secara Hakiki di Sulteng Hilal tidak terlihat, kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Tengah, Ulyas Taha setelah dilakukan pemantaun Hilal awal Ramadhan oleh Kanwil Kemenag Sulteng bekerjasama dengan BMKG Sulteng di menara ruqyatul hilal, Desa Marana, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Jum'at 01/04.

Kakanwil Kemenag Sulteng, Ulyas Taha  mengatakan hasil ruqyatul hisab yang dilakukan oleh salah satu lajnah falakiah diperkirakan hilal tidak bisa diamati atau dilihat sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan

Ia menjelaskan, hal itu turut terbukti dalam pemantauan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika kelas I Palu bahwa bulan tidak terlihat 

"dan usia bulan berdasarkan ruqyatul hisab ini adalah 3 jam 39 menit 16 detik, padahal standar dari Kementrian Agama itu minimal adalah 8 jam, sehingga ini tidak memenuhi standar,"

Olehnya itu dalam menentukan untuk memulai puasa bulan Ramadhan, ia mengimbau agar masyarakat agar bersabar menunggu hasil sidang Isbat yang dilangsungkan di Jakarta.

Di tempat yang sama, Kepala BMKG Stasiun Geofisika kelas I Palu, Jabar mengatakan pada posisi itu Hilal tidak memungkinkan untuk teramati.

Ia merinci iluminasi hilal dalam ruqyatul hisab kali ini, hanya berada pada 0,07 persen, sedangkan jika pemantauan dilakukan, Sabtu besok, iluminasi hilal akan berada pada 1,13 persen, jadi kemungkinan bisa terlihat.

"karena itu kita besok akan kembali melakukan pemantauan itu untuk membuktikan," pungkas Jabar.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Sekda Prov. Sulteng, Pengadilan Tinggi Agama, MUI Sulteng, Kemenag Kab. Donggala, BMKG, Lajnah Falakiah dan media pers, RRI dan TVRI Palu.

Editor: Zidiarman
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex