KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Abdul Muin Kontributor
22 Februari 2024 13:41:0 83

Kakankemenag Donggala Buka Bimbingan Manasik Haji Wilayah Kecamatan Zona 1

Ket: Kepala Kantor Kemenag Donggala, H. Rusdin, Buka secara resmi Bimbingan Manasik Haji Wilayah Kecamatan Zona 1


Donggala (Kemenag  Sulteng)  — Kepala Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Donggala Rusdin, membuka Bimbingan Manasik Haji tingkat Kecamatan Zona 1 Tahun 1445 H/ 2024 M di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpada  Kemenag Donggala, Rabu (22/2/2024).

Rusdin menyampaikan sambutan sebelum membuka kegiatan tersebut. Ia memaparkan pelaksanaan kegiatan manasik berdasarkan Undang Undang Nomor 8 tahun  2019 tentang penyelenggaraan Ibadah haji dan Umrah dan Keputusan  Direktur Jenderal Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kementerian Agama  Republik Indonesia  Nomor 113 tahun 2024 tentang pedoman Penyelenggaraan Bimbingan Manasik Haji  Reguler pada Kabupaten  Kota  dan Kecamatan tahun 1445 Hijriah/ 2024 Masehi.

Zona 1 meliputi jemaah haji yang masuk dalam daftar jemaah haji pada 7 kecamatan di Kabupaten Donggala, yaitu; Kecamatan  Rio Pakava 1 orang, Kecamatan Banawa Selatan 8 orang, Kecamatan  Banawa Tengah  2 orang,  Kecamatan Banawa  21, Kecamatan Tanantovea  4 orang, Kecamatan Labuan  5 orang  dan  Kecamatan Sindue Tobata 4 orang, jelasnya.

Dari setiap zona, jumlah pesertanya paling sedikit 45 orang. Ketentuan jumlah jemaah haji peserta Bimbingan Manasik ini sesuai dengan pedoman pelaksanaan Manasik Haji tahun 1445 H/2024 M.

“Selain itu sesuai dengan namanya manasik Haji tingkat Kecamatan, maka kegiatan ini sedianya dilaksanakan di Kecamatan terbanyak jumlah jamaahnya, tempatnya mudah dijangkau oleh masing-masing jamaah serta ketersediaan sarana tempat pelaksanaan yang representatif,” tuturnya,

Atas pertimbangan tersebut, Rusdin mengatakan pihaknya kemudian memutuskan pelaksanaan manasik paling tepat dilaksanakan di Gedung  Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Donggala.

Rusdin mengharapkan  melalui kegiatan ini semua jemaah Haji dapat memahami dengan baik  segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah Haji.

“Insya Allah kita doa semua calon Haji Indonesia  yang berangkat tahun ini khususnya jemaah Kabupaten Donggala menjadi haji yang  mabrur,” tutup Rusdin.

Kegiatan  ini dihadiri pula oleh Kepala Seksi Penyelenggara  Haji dan Umrah Syafrudin,  Panitia PelaksanaJamauna, Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji DonggalaH. Bazid, dan Seluruh Kepala KUA yang  tergabung dalam Zona 1Pada Wilayah Kecamatan.

 

 

 

Tags terkait: Haji
Editor: Lilis Basira
Fotografer: Abdul Muin
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex