- Kontributor
22 Februari 2021 0:0:0 313

Webiner, Seksi Pendis Kemenag Banggai Hadirkan Narasumber Berkompeten Bidang Pendidikan

Ket:


Luwuk(Kemenag Sulteng) - Seksi Pendis Kemenag Banggai melaksanakan Webiner, yang di ikuti sekitar 300 peserta terdiri dari Pengawas, Kepala Madrasah, dan Guru semua jenjang RA, MI, MTs, MA baik Negeri maupun Swasta di lingkungan Kemenag Kab. Banggai, Senin (22/2/2021).

Kegiatan ini bertemakan "Guru Siap Belajar Tanpa Henti", menghadirkan dua narasumber yang berkompeten di bidang pendidikan yakni Direktur Budi Mulia Dua Ibu Tasniem Fauziah Rais Basic.Sc, dan Kepala SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta Tri Widaryanto. S.T.

Kakankemenag Banggai Abd. Muluk Lanonci, awali sambutannya menyampaikan titipan salam dari keluarga besar Kemenag Banggai kepada orang tua narasumber yakni Bapak Prof. DR. HM. Amin Rais, MA.

Dalam kegiatan tersebut, Kakankemenag menyampaikan lima program prioritas Kementerian Agama, salah satunya adalah peningkatan pemerataan layanan pendidikan berkualitas untuk semua jenjang mulai dari RA, MI, MTs, MA baik Negeri maupun Swasta termasuk pendidikan pada pondok pesantren. 

Menurut Muluk, salah satu strategi yang dimaksud adalah peningkatan strategi kualitas pembelajaran dan pemerataan akses layanan untuk semua jenjang dan percepatan wajib belajar 12 tahun.

Olehnya itu, posisi guru menjadi salah satu faktor yang paling menentukan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan kita di madrasah, ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya Kakankemenag mengapresiasi dan  terimakasih kepada Seksi Pendis bersama tim atas usaha dan kerja kerasnya atas terselenggaranya kegiatan ini.

Narasumber pada  kegiatan webiner mengungkapkan beberapa metode yang dianggap tepat dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi covid-19 dan juga telah dilakukan oleh guru-guru SMP Budi Mulia dua Fudation yakni guru harus memiliki labtop yang kompotable, memiliki lighting dan mic, zoom berbayar, Google classroom, G-suite, perbaikan jaringan internet, dedicated server dan Health support.

Menurut Narasumber, harus ada tim pelatihan untuk mentraining guru-guru bagaimana cara editing vidio dan juga guru harus dibekali vitamin.

Dijelaskannya, dalam hal inovasi dan kreativitas pembelajaran dimasa pandemi beberapa hal penting bisa dilakukan seperti lesson kits yang harus for hands on, video mode by their own teacher, zoom classes dan google classroom, KKT (Kesempatan Konsultasi Terbatas), dan solusi bagi guru guru adalah harus ada tim IT dan Multimedia.

"Semua langkah yang kita lakukan bisa diwujudkan apabila guru tidak berhenti untuk belajar, baik secara otodidak maupun dalam bentuk diskusi" katanya.

Dalam kesempatan tersebut Narasumber juga berbagi pengalaman dan video-video hasil kreativitas guru di SMP Budi Mulia dua Foundation tak lupa dishare dan dipertunjukkan oleh narasumber kepada peserta webiner, serta berbagi pengalaman konsep pendidikan di beberapa negara yang narasumber pernah study diantaranya Singapura, Jepang dan Finlandia.

By. (Enal).

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex