KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
iis sugianti Kontributor
22 Maret 2024 20:16:0 235

Festival Ramadan Kemenang, Ratusan Paket Sembako dibagikan di Bangkep

Ket: Kakankemenag Bangkep (H. Sofyan Arsyad) mendampingi Sekda (Rusli Modidadi) saat membagikan Paket Ramadan pada Masyarakat


 

 

 

Banggai Kepulauan (Kemenag Sulteng) - Kementerian Agama Kabupaten Banggai Kepulauan (Kankemenag Bangkep) turut berpartisipasi dalam menyukseskan Festival Ramadan Kemenag 2024 yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan kegiatan bertajuk Festival Ramadhan Asik bersama Gusmen, dengan penyerahan Jutaan Paket Bingkisan Ramadan se Indonesia, Jum’at 22 Maret 2024.

Kepala Kemenag Bangkep Sofyan Arsyad mendampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banggai Kepulauan Rusli Moidady menyerahkan ratusan paket Ramadan (Sembako) secara simbolis kepada masyarakat setempat. Penyerahan paket Ramadan ini dilaksanakan di halaman Gedung PLHUT Kemenag Bangkep.

Festival Ramadan Kemenag merupakan kerja sama yang baik antara Kemenag bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) serta Lembaga Amil Zakat (LAZ), lembaga pemerintah, pemangku kepentingan lainnya serta masyarakat umum, di tingkat pusat hingga daerah. Paket tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya di Bulan Ramadan ini.

Kepala Kantor Kemenag Bangkep Sofyan Arsyad, menekankan pentingnya hidup untuk mencari keberkahan terutama di bulan suci Ramadan. Menurutnya, keberkahan dapat diraih dengan cara sederhana. Ia juga mendorong umat untuk fokus mencari yang halal agar hidup menjadi berkah, termasuk dalam menyumbangkan sebagian harta kepada orang yang membutuhkan.

Melalui kegiatan pembagian paket Ramadan secara serentak pada Festival Ramadhan yang digagas oleh Kementerian Agama ini, Sofyan berharap dapat menginspirasi masyarakat untuk membangun semangat berbagi demi meraih keberkahan selama bulan Ramadhan. 

Sofyan juga menyinggung terkait penyaluran zakat di masyarakat agar tepat sasaran, diserahkan dengan benar karena memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami mengharapkan dukungan dari Bupati atau Pemerintah Daerah untuk mensupport Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), sehingga upaya-upaya tersebut dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat,” ujar Sofyan kepala Kemenag Bangkep yang dilantik 8 Maret lalu.

Mewakili Bupati Banggai Kepulauan Sekda Kab Bangkep Rusli Moidadi, menyampaikan apresiasi yang tinggi dan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya kegiatan ini. Dalam sambutannya, Rusli menyatakan harapannya agar kegiatan Festival Ramadhan ini mendapatkan keberkahan dan menjadi ajang silaturahmi yang berarti antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Ia menyoroti pentingnya spirit kebersamaan dan solidaritas dalam momen berbagi seperti ini.

Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan harapannya bahwa paket Ramadan yang dibagikan dalam kegiatan tersebut dapat disalurkan kepada pihak yang benar-benar berhak dan membutuhkan. Olehnya Ia berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi peristiwa seremonial semata, tetapi juga menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah untuk terus berlomba dalam melakukan kebaikan bagi masyarakat.

Setelah penyerahan paket sembako, Kakankemenag Bangkep dan pejabat lainnya bergabung dalam zoom meeting bersama Direktorat Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Pertemuan ini merupakan wujud dari komitmen Kankemenag Bangkep dalam meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan pihak terkait di tingkat nasional untuk meningkatkan pelayanan dan pembinaan umat.

Setelah zoom meeting selesai, dilangsungkan buka puasa bersama sebagai momentum berbagi dan mempererat silaturahmi dengan para pemangku kepentingan dan masyarakat.

Acara ini dihadiri pula oleh jajaran pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan, Perwira Penghubung, Dukcapil, Dinas Koperindag, Kabag Kesra, Kapolres, Kapolsek, Danramil, Ketua MUI, Ketua Baznas, Camat, pejabat eselon IV Kantor Kemenag Bangkep, Kepala KUA, DWP, dan seluruh pegawai ASN dan Non ASN di lingkungan Kemenag Bangkep.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags terkait: Bimas Islam Silaturahmi
Editor: Humas Ahsan
Fotografer: iis sugianti
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex