- Kontributor
23 November 2019 0:0:0 565

Wakil Bupati Tolitoli Resmi Tutup MTQ Ke 41 Tingkat Kabupaten Tolitoli Tahun 2019.

Ket:


(Inmas Kemenag Tolitoli). Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke 41 Tingkat Kabupaten Tolitoli tahun 2019  yang dilaksanakan selama tujuh hari dari tanggal 16 sampai dengan 22 November 2019 didesa lalos Kecamatan galang secara resmi berakhir dan ditutup oleh Wakil Bupati Tolitoli H. Abdul Rahman H. Budding pada  Jum’at malam, (22/11/2019).

Kegiatan penutupan MTQ ke 41 tingkat Kabupaten Tolitoli ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wakil Bupati Tolitoli yang di dampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli.

Sebelumnya, telah dilaksanakan pengukuhan dan pelantikan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Tolitoli periode 2019 sampai dengan 2021. Dan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan penetapan  terbaik I,II dan III serta harapan I, II,dan III pada setiap cabang lomba yang dipertandingkan yang dibacakan oleh Irwan selaku wakil sekretaris dewan hakim MTQ ke 41 tingkat Kabupaten Tolitoli .

Dari semua cabang yang diperlombakan, Kecamatan galang dinobatkan sebagai juara umum pertama MTQ dengan poin 121 dan untuk juara umum dua diraih oleh Kecamatan Baolan dengan poin 99  kemudian disusul oleh Kecamatan Lampasio sebagai juara umum ketiga dengan poin 44.

Selanjutnya untuk pawai Taaruf MTQ terbaik satu dengan poin 370 diraih oleh Kecamatan galang, terbaik kedua dengan poin 320 diraih Kecamatan Basidondo  dan terbaik ketiga dengan poin 300 diraih Kecamatan Dondo.

Kemudian untuk lomba Lasqi tingkat Kabupaten Tolitoli tahun 2019 sebagai terbaik pertama diraih Kecamatan Tolitoli Utara dengan nilai 469, terbaik kedua diraih Kecamatan Dakopamean  dengan jumlah nilai 460 sedangkan untuk terbaik Ketiga diraih Kecamatan Galang dengan jumlah nilai 456.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli H. Muchlis diawal sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Tolitoli masa Bhakti 2019 sampai dengan 2021.

“Dengan dilantiknya pengurus LPTQ ini dapat menjadi momentum  yang tepat karena tugas yang pertama dilakukan adalah selain melaksankan konsolidasi organisasi juga adalah mempersiapkan para juara yang berhasil menjadi juara satu di MTQ tingkat Kabupaten Tolitoli untuk dipersiapkan untuk menghadapi MTQ tingkat Provinsi sulawesi Tengah di Kabupaten Banggai Kepulauan yang dilaksanakan pada bulan maret tahun 2020 mendatang”. Ucap  H. Muchlis.        

“Pelaksanaan MTQ ke 41 tingkat Kabupaten Tolitoli di Kecamatan galang  yang berlangsung selama tujuh hari sejak dibuka Bupati Tolitoli pada tanggal 16 November 2019 hingga penutupan malam ini telah terlaksana dengan aman, lancar dan sukses seluruh cabang dan golongan MTQ telah menyelesaikan lomba dengan penuh semangat               sportifitas yang tinggi dengan penuh Keakraban telah menyelesaikan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan integritas yang tinggi dan optimis output yang  dihasilkan yakin para juara disemua cabang dan golongan yang telah diumumkan benar-benar pantas juara ”. Tegas H. Muchlis .                             

“Qori qoriah, Hafidz hafidzah dan peserta lainnya yang ditetapkan sebagai juara agar tidak berbangga dan berpuas diri dengan prestasi yang dicapai sebaliknya teruslah berlatih, mengasah kemampuan untuk menyongsong pelaksanaan MTQ ditingkat Provinsi yang semakin dekat”. Ungkap  H. Muchlis mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tolitoli dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ ke 41 tingkat Kabupaten Tolitoli dengan rangkaian kegiatannya yang diawali dengan pelantikan dewan hakim, pawai taaruf dan acara pembukaan,pelaksanaan jenis lomba termasuk Festival seni qasidah adalah momentum berharga dan strategis karena sebagai wahana pendalaman alqur’an yang diwuJudkan dengan berbagai keterampilan, mengaplikasikannya juga sekaligus merupakan sarana dakwah dan forum silaturahmi guna mempererat ukhuwah islamiyah.

Penyelenggaraan MTQ kali ini bertujuan untuk mendalami, memahami dan mengamalkan isi kandungan alqur’an serta mampu untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan keseharian baik dalam konteks ibadah ritual keagamaan maupun dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Wakil Bupati Tolitoli diakhir sambutannya mengingkatkan bahwa semangat bermusabaqah adalah mengikhlaskan diri meningkatkan syiar alqur’an serta membudayakannya dalam kehidupan umat islam ditanah air khususnya di Kabupaten Tolitoli. semoga partisipasi semua pihak dalam mendukung dan mengsukseskan penyelenggaraan  MTQ ke 41 tingkat Kabupaten Tolitoli tahun 2019 di Kecamatan Galang menjadi amal yang diridhai oleh Allah SWT.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua DPRD Kabupaten Tolitoli, Unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli, pimpinan OPD, Pimpinan instansi Vertikal, BUMN dan BUMD, pengurus LPTQ, Ketua MUI, Tokoh Agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan.

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex