- Kontributor
26 Juli 2022 0:0:0 153

Kemenag Morowali Hadiri Peresmian Rumah Ibadah Agama Budha di Desa Laantula Jaya Kecamatan Witaponda

Ket: Peresmian Rumah Ibadah Agama Budha di Desa Laantula Jaya Kecamatan Wita Ponda Kabupaten Morowali, Sabtu 23/7/22


Morowali (Kemenag Sulteng) -  Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali Abdul Manan, menghadiri peresmian tempat ibadah Agama Buddha Vihara Dhamma Raharja dan ulang tahun ke-34 di Desa Lantula Jaya, Kecamatan Witaponda, Kabupaten Morowali, Sabtu (23/7/22).

Peresmian tempat ibadah Agama Buddha ini dihadiri oleh Bupati Morowali Drs. Taslim, Perwakilan Kapolres, Perwakilan Kodim 1311, Wakil Ketua I DPRD Morowali, H.Syarifuddin Hafid, sejumlah anggota DPRD, Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Sulteng, Kemenag Morowali, Ketua FKUB, sejumlah Kepala OPD, Camat Wita Ponda, Kepala Desa Sekecamatan Wita Ponda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan ratusan para undangan.

Warsana,S.Ag.,M.Pd selaku Pembimas Budha Kantor Wilayah Kemenag Prov. Sulteng mengawali sambutannya menyampaikan Vihara Dhamma Raharja sudah berdiri sejak tahun 1988. Pada momen yang bersejarah saat ini Pengurus Vihara merayakan ulang tahun yang ke-34 dan peresmian Vihara Dhamma Raharja yang akan di resmikan oleh Bapak Bupati Morowali, Padesanayaka Prov. Sulteng dan Pembimas Buddha Prov. Sulawesi Tengah.

Lebih Lanjut Warsana, menyampaikan kepada Bupati Morowali bahwa masih banyak fasilitas penunjang dan bangunan yang berada di Vihara Dhamma Raharja yang masih membutuhkan perhatian dari Pemerintah Daerah. Olehnya dia berharap kepada Bupati sekiranya dapat mewujudkan harapan umat Budha di Morowali, tutupnya.

Sementara itu, Bupati Morowali Taslim, dalam sambutannya menyampaikan pemerintah daerah sangat mendukung keberagaman suku, agama dan budaya di Kabupaten Morowali termasuk Agama Budha.

Menurutnya, keberagaman tersebut merupakan suatu kekuatan besar membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Indonesia adalah negara yang dihuni oleh berbagai suku, agama dan budaya, perbedaan tersebut merupakan suatu kekuatan besar membangun NKRI yang lebih baik," tegasnya.

Olehnya, dari keberagaman tersebut ia mengajak agar sama-sama memperkokoh dan memperteguh persatuan dalam rangka mencapai cita-cita pendiri bangsa, mewujudkan masyarakat Indonesia sejahtera, adil dan makmur dengan saling menghargai tanpa ada perbedaan antara suku, agama, budaya yang satu dan yang lainnya.

Selain itu orang nomor satu di Bumi Tepeasa Maroso ini juga bakal memberikan bantuan pengembangan rumah ibadah Agama Budha ditahun 2023 sebesar Rp 1 Milyar.

"Vihara ini masih membutuhkan bantuan, tentunya pemerintah punya tanggung jawab untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan masyarakatnya. Insya Allah ditahun 2023 kita akan memberikan bantuan rumah ibadah yang menjadi progam Pemda Morowali saat ini," tutur Taslim.

Padesanayakan Prov. Sulteng YM. Candakaro Mahathera, mengucapkan selamat kepada Umat Budha Vihara Dhamma Raharja atas ulang tahun ke-34 serta peresmian vihara dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah Daerah telah memberikan perhatian yang sama kepada semua pemeluk agama dan rumah ibadah di Kabupaten Morowali termasuk Rumah Ibadah Agama Budha, dengan memberikan anggaran di tahun 2023, pungkasnya.

Diakhir acara Bupati Morowali Drs.Taslim, Padesanayaka Prov. Sulteng YM. Candakaro Mahathera, Pembimas Budha Sulteng Warsana, S.Ag.,M.Pd menandatangani prasasti sekaligus pengguntingan pita pertanda diresmikannya tempat ibadah Vihara Dhamma Raharja tempat ibadah agama Budha di Kabupaten Morowali.

By. Humas Morowali

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex