- Kontributor
6 April 2021 0:0:0 165

Kakankemenag Palu: Ini Dua Hal Penting Dalam Pidato Menag Saat Rakernas

Ket: Kakankemenag Kota Palu, Nasruddin L. Midu saat mendengarkan pidato Menteri Agama


Palu (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu Nasruddin L. Midu bersama Kakanwil dan para Kakankemenag Kota/Kota se Sulawesi Tengah mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama RI Tahun 2021 secara Virtual di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (5/4).

Rakernas Kemenag tahun ini tercatat sebagai Rakernas pertama yang dilakukan secara virtual, yang diikuti 705 peserta mulai dari Pejabat Eselon I Pusat hingga Kepala Kankemenag Kota/Kabupaten se Indonesia.

Nasruddin mengatakan ada dua hal penting dalam pidato Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

“Menag dititipkan (oleh Presiden) beberapa mandatori, pertama, moderasi beragama dan kedua, perbaikan tata kelola organisasi,” kata Nasruddin.

Yang pertama, Menteri yang akrab disapa dengan panggilan Gus Yaqut  ini menegaskan tentang moderasi beragama di Indonesia. Lewat Kemenag, Gus yaqut berharap bahwa agama harus menjadi inspirasi, dan Kemenag harus menjadi kementerian yang melayani seluruh agama, bukan hanya Islam saja, mind set tersebut  harus dimiliki seluruh jajaran Kemenag.

Mandatori yang kedua adalah perbaikan tata kelola organisasi kata Nasruddin. Sejalan dengan tema Rakernas yakni percepatan tata kelola birokrasi yang bersih melayani.

“Menag menegaskan agar eksistensi pelayanan Kemenag bisa dirasakan oleh seluruh umat beragama di Indonesia,” kata Nasruddin.

Kakankemenag Kota Palu tersebut menambahkan bahwa Menag ingin pelayanan publik di Kementerian Agama dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman, termasuk perkembangan teknologi lebih mengarah ke digitalisasi.

“Menag menginginkan kita sekarang tidak bisa lagi memberikan pelayanan dengan cara lama, hadir fisik, tapi melakukan perubahan secara digital,” tutur Nasruddin.

Terakhir, Menag meminta seluruh jajarannya untuk berperan aktif dalam mewujudkan program mandatori ini.

“Beliau (Menag) mohon dukungannya bersama untuk mewujudkan program-program tersebut, persembahkan program ini untuk negara kita” pungkasnya.

(Fuad)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex