- Kontributor
3 September 2023 0:0:0 240

Tingkatkan Kompetensi, MGMP Bahasa Inggris Jenjang MA Gelar PKB

Ket: Peserta kegiatan PKB MGMP Bahasa Inggris, saat berpose bersama dengan Kakankemenag Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu, M.Ag., di MAN 2 Kota Palu, Sabtu (2/9/23)


Palu (Kemenag Sulteng) -- Salah satu program  pemerintah untuk mendorong peningkatan kompetensi guru melalui dengan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Kompetensi ini sesuai kebutuhan, bertahap, berkelanjutan yang dilakukan melalui kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. 

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Nasruddin L. Midu saat memberikan sambutan pada kegiatan pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan MGMP Bahasa Inggris tingkat Madrasah Aliyah Kemenag Kota Palu di Ruang Multimedia MAN 2 Kota Palu, Sabtu (2/9/2023).

 

Menurutnya, setiap guru penting memilih metode yang tepat dalam pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK serta media digital secara maksimal, guru memiliki  posisi sentral untuk keberhasilan siswanya. Olehnya itu, guru terus dituntut untuk meningkatkan kompеtеnsinya melalui metode pembelajaran yang lebih baik.

“Guru tidak hanya mengajar, namun Ia harus menguasai sumber di mana anak-anak bisa belajar. Berhasil atau tidaknya madrasah ada pada guru, hal ini bisa diukur melalui dengan kompetisi sains Madrasah (KSM), Guru harus belajar sebelum mengajar demi mempersiapkan bahan yang akan diajarkan kepada siswanya,” ujar Kakankemenag.

Selain itu, Nasruddin, pelatihan PKB ini untuk meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran Bahasa Inggris. Guru diharapkan meningkat kompetensinya dalam menerapkan pembelajaran kepada siswa dengan inovasi pembelajaran yang baru untuk menarik perhatian siswa dan bisa tercapai tujuan pembelajarannya.

“Di era digital sekarang, guru juga dituntut untuk memiliki kecakapan dalam berteknologi (high technology), karena teknologi juga bisa digunakan sebagai sarana media pembelajaran agar siswa lebih tertarik dan mudah untuk memahami materi yang diajarkan”, jelas Nasruddin.

Sebelumnya, Ketua MGMP Bahasa Inggris tingkat MA, Rafli R Umar, dalam laporannya mengungkapkan, pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan salah satu program  pemerintah untuk mendorong peningkatan kompetensi, mutu dan kualitas guru  secara berkelanjutan.

Kegiatan PKB ini merupakan program Blogreen yang dibiayai oleh Worldbank (Bank Dunia), yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru mata pelajaran Bahasa Inggris, agar mampu mentransfer ilmunya kepada siswa secara maksimal.

“Kegiatan pelatihan ini akan berlangsung mulai tanggal 2-29 September 2023, penyampaian materi yang di sampaikan  menerapkan model in/on service training secara bergantian. In service training diadakan di dalam ruangan. Sementara on service training digunakan untuk mengaplikasikan materi yang ada,” tuturnya. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, ketua pokjawas Kemenag Kota Palu Alfian, pengawas pembina Nurhayati Nadra dan diikuti 16 peserta sebagai guru bahasa inggris yang ada di Madrasah Aliyah Kota Palu. (kasman)

Editor: Muhammad Kasman
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex