- Kontributor
28 Oktober 2019 0:0:0 775

UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 DI MAN 1 KOTA PALU BERLANGSUNG MERIAH

Ket:


Palu(Inmas Kemenag)-Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3 M) se Kota Palu, menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 di Lapangan Upacara Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Palu, Senin, 28/10/2019. Upacara tersebut di ikuti oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam (Pendis) dan jajaranya, Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas), para Kepala Madrasah (Kamad), guru-guru pada Madrasah serta perwakilan siswa-siswi dari tingkat MIN hingga MAN se Kota Palu.

Para peserta upacara menggunakan pakaian adat nusantara yang beragam tak ketinggalan para peserta yang menggunakan pakaian adat kaili berupa sarung donggala, siga serta sampolu. Hadir pula siswa-siswi yang menggunakan pakaian profesi yang menjadi cita-citanya, seperti pakaian dokter, tentara dan polisi.

Kepala kantor Kementerian Agama yang bertindak selaku pembina upacara membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olah raga (Menpora) RI, Zainudin Amali. Dalam amanatnya mengatakan bahwa Hari Sumpah Pemuda ke 91 kali ini mengambil tema bersatu kita maju. tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang dibangun oleh pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwasanya hanya dengan kesatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa, katanya.

Dalam amanat Menpora mengatakan pula bahwa Pemuda adalah masa depan bangsa dan Negara, pemuda adalah harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.

Diakhir amanatnya, Menpora mengajak kepada pemuda Indonesia terus mengelorakan api semangat sumpah pemuda 1928. “Wahai para pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,”.

Setelah membacakan amanat Menpora, H. Masum juga berpesan kepada para siswa. “Anak-anaku kalian adalah pemuda harapan bangsa, maka jadilah pemuda yang bangga akan prestasi diri sendiri, bukan yang membanggakan prestasi orang tua maupun saudara,” tuturnya

Seusai upacara dilaksanakan acara penyerahan hadiah berupa piala dan bonus bagi para juara dalam berbagai ajang pelombaan, diantaranya hafalan Quran, cipta puisi, stand up comedy dan lainya. Acara ini dimeriahkan pula dengan atraksi drumband MAN 1 Palu yang membawakan lagu daerah, serta pembacaan puisi-puisi yang bertemakan semangat kepemudaan.

Peringatan hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober dimaknai sebagai bangkitnya generasi muda Indonesia dan dijadikan momentum untuk mempersatukan para generasi muda demi mencapai kejayaan bangsa dimasa yang akan datang.

Penulis : (Fuad)

 

 

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex