- Kontributor
20 Oktober 2023 0:0:0 56

Kepala KanKemenag Parimo Kukuhkan Pengurus BKM Kecamatan

Ket:


Parigi (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Parigi Moutong Ahmad Hasni, mengukuhkan pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kecamatan se-Kabupaten Parigi Moutong secara virtual di ruang rapat lantai dua Kantor kemenag Parimo, Jumat 20 Oktober 2023.

Acara pelatikan BKM Kecamatan tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi Bimas Islam, Kepala Seksi Pendidikan Islam, Ketua Majelis Ulama Indonesia kabupaten Parigi Moutong, Ketua KelomPok Kerja Penyuluh Agama Islam kabupaten Parigi Moutong, Para Kepala Kantor Urusan Agama, Penghulu, Penyuluh Agama Islam Non PNS, Imam Masjid, serta Tokoh Agama. 

Dalam arahannya Kepala KanKemenag Parimo menyampaikan bahwa Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) adalah lembaga yang dibentuk Kementerian Agama untuk meningkatkan peran dan fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan sarana pembinaan umat Islam di tanah air.

Saat ini Pertumbuhan dan Perkembangan Masjid secara fisik dibeberapa tempat, begitu mewah dan luar biasa.

Tetapi yang menjadi kendala adalah bagaimana dengan kemegahan masjid, tidak hanya pada tampilan fisik tetapi harus diupayakan bagaimana masjid bisa membangun serta memberikan makna yang baik bagi umat di sekitarnya.

Ahmad Hasni memaparkan beberapa point penting yang disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yakni :

1. Masjid harus menjadi tempat ibadah umat Islam yang nyaman, aman dan sejahtera sesuai dengan namanya Badan Kesejahteraan Umat 

2. Masjid digunakan sebagai pusat kegiatan umat untuk mengembangkan nilai-nilai Islam wasathiyah yaitu Islam yang moderat, menyejukkan baik kepada umatnya maupun umat lain di sekitarnya.

3. Masjid dijadikan tempat untuk bersinergi antara pemerintah dan umat, dalam membangun nilai-nilai keumatan.

Masjid memiliki posisi sentral dalam memberikan literasi informasi keagamaan, sekaligus membentuk paham keagamaan masyarakat, dan menyatukan umat.

Berfungsi sosial, edukatif dan bahkan ekonomis, disamping fungsi dasarnya sebagai tempat ibadah kaum muslimin mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

Olehnya melalui kegiatan pengukuhan ini kami menghimbau kiranya pengurus Badan Kesejahteraan Masjid di tingkat kecamatan, yang dalam hal ini di motori para kepala kantor urusan agama, para penghulu serta penyuluh Agama Islam untuk segera melakukan refungsionalisasi masjid, berkolaborasi bersama pemerintah kecamatan, lembaga pendidikan, unsur pesantren yang ada di kecamatan masing-masing agar menjadikan masjid sebagai rumah bersama tempat bernaung banyak orang yang memiliki itikad dan komitmen untuk pemberdayaan dan kemajuan masjid,” tegasnya.

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex