Abdul Muin Kontributor
22 Agustus 2024 10:13:0 108

Kemenag Donggala Laksanakan Bimtek TTE

Ket: Kasubbag TU, Sarina Unok, membuka Bimbingan Teknis Tanda Tangan Elektronik (TTE)


Donggala (Kemenag Sulteng) - Donggala (Kemenag Sulteng) - Kemenag Donggala menginisiasi Bimtek TTE (Tanda Tangan Elektronik) yang dilaksanakan pada Rabu, 21 Agustus 2024. Bimtek dibuka oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Sarina Unok.

Sarina mengatakan, salah satu program Kemenag adalah transformasi digital sehingga mau tidak mau harus bisa mengikutinya. Perkembangan teknologi sangat luar biasa pesat.

“Sebagai pelayan masyarakat, kita harus bisa mengikuti perkembangan teknologi tersebut,” Katanya.

Ia menjelasakan beberapa alasan pentingnya penggunaan TTE. Pertama, efisiensi waktu karena bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun, tanpa harus menyodorkan dokumen fisiknya. Dengan TTE, instansi sangat terbantu, bahkan ketika di luar kota. Kedua, orisinalitas atau keaslian dari tanda tangan tersebut. TTE ini keasliannya lebih terjamin karena password-nya dipegang oleh yang bersangkutan sehingga tidak bisa dipalsukan. Itu artinya kita semua harus familiar dengan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

Sarina juga mengatakan, Bimtek tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari upaya Kantor Kemenag Donggala untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam pengelolaan dokumen resmi melalui penerapan teknologi digital. Penggunaan barcode TTE dianggap penting untuk mendukung kelancaran administrasi dan akuntabilitas di lingkungan Kantor Kemenag Donggala.

Pelatihan ini sangat relevan di era digitalisasi yang menuntut kecepatan dan ketepatan dalam layanan administrasi. Dengan adanya Bimtek ini, kami berharap dapat memahami dan mengimplementasikan teknologi TTE dengan baik, sehingga dapat mempercepat proses administrasi.

Senada hal ini, Kepala Kemenag Kab Donggala Rusdin mengatakan, salah satu layanan digital lainnya yang diterapkan pada layanan kepegawaian adalah TTE yang sudah diterapkan oleh BKN.

Layanan Kepegawaian yang dikembangkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) saat ini berbasis digital. Sistem Aparatur Sipil Negara seperti layanan kenaikan pangkat, pindah instansi, dan pensiun yang diterapkan BKN sangat mendukung kerja organisasi yang lebih cepat dan maksimal.

Pemanfaatan TTE yang digunakan di lingkungan Kantor BKN, kedepannya akan diperluas keseluruh Indonesia. Layanan administrasi kepegawaian dapat ditanda tangani secara elektronik dimana saja dan kapan saja seperti SK Kenaikan pangkat, Pindah Instansi, Pensiun, dan lain sebagainya.

Menurutnya, BKN Pusat telah menerbitkan sebanyak 373 sertifikat  tanda tangan elektronik (TTE) Pejabat Pembina Kepegawaian PPK dan Pejabat yang Berwenang, Instansi yang telah bekerja sama maka dapat segera menggunakan  aplikasi ini, dan bagi Instansi yang belum dapat menggunakan, BKN akan memfasilitasi dalam menerbitkan  TTE ini, yang bekerja sama dengan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara).

Rusdin berharap dilaksanakannya Bimtek TTE Layanan Kepegawaian yang dilaksanakan Kemenag Donggala, dapat mendukung percepatan palayanan kepegawaian yang akan digunakan secara nasional tahun ini. 

Tampak hadir, Analis Kepegawaian Mulkin, juga para Kepala Seksi/ Penyelenggara Kemenag Donggala, Para Kepala KUA, Kepala Madrasah, Kaur Madrasah, Pengelola dari setiap satker, dengan jumlah peserta 45 orang.(Riski/ Abdul Muin)

 

Editor: Lilis Basira
Fotografer: Abdul Muin
Tags: Sekjen
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex